Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1002
Title: Penerapan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Peserta Didik Di Kelas X IBB 05 SMAS AN-NUR Bululawang
Authors: Mufida, Solihatul
Keywords: Kedisiplinan
Issue Date: 14-Jul-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pendidikan Agama Islam merupakan suatu ilmu pendidikan yang mengajarkan terhadap mereka agar membiasakan hidup disiplin. Hidup disiplin perlu dibiasakan dan dilatih agar manusia terbiasa serta hidup yang berarti bisa mereka rasakan, tanggung jawab dan kepercayaan dari sesamanya mereka dapat rasakan disebabkan rasa kedisiplinan yang tinggi. Disiplin adalah suatu situasi yang muncul serta terbentuk melalui suatu proses perilaku yang merujuk terhadap keteraturan, ketaatan, ketertiban serta kepatuhan. Hal tersebut merupakan bagian nilai-nilai perilaku di kehidupannya. Dari latar belakang ini peneliti mempunyai fokus penelitian, sebagai berikut: Bagaimana perencanaan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan peserta didik di kelas X IBB 05 SMAS An-nur Bululawang, bagaimana strategi guru PAI dalam menerapkan kedisiplinan peserta didik di Kelas X IBB 05 SMAS An-nur Bululawang, apa saja faktor yang mendukung atau menghambat guru PAI dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan peserta didik di Kelas X IBB 05 SMAS An-nur Bululawang?. Dalam rangka menjawab penelitian ini maka peneliti mengunakan pendekatan Kualitatif. Sumber data peneliti peroleh dari manusia atau informan yaitu Waka kesiswaan, Guru Bimbingan Konseling (BK),Guru Pai, Guru kelas X IBB 05 dan Peserta didik kelas X IBB 05. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Untuk melihat keabsahan datanya peneliti menggunakan pengamatan lebih lama, wawancara lebih mendalam, diskusi dengan teman sejawat, triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Temuan penelitian yang dihasilkan oleh peneliti bahwa Perencanaan yang akan diterapkan dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan di SMAS An-nur lebih ditekankan terhadap akhlakul karimah, tidak hanya memperhatikan peserta didik yang terlambat masuk kelas, yang tidak mengerjakan tugas, namun lebih diperhatikan akhlak mereka. Strategi yang dilakukan harus ada surat izin dari kepala kamar bahwa alasan mereka tidak memakai seragam disebabkan hilang atau terlambat masuk kelas, namun jika tidak ada surat izin mereka hanya alasan agar tidak memakai seragam atau tidak terlambat masuk kelas maka peserta didik tidak diperkenankan mengikuti pembelajaran. Hal-hal yang menjadi faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan di sekolah SMAS Annur sangat kompleks, permasalahan yang satu belum selesai muncul lagi sebuah permasalahan lagi, hal itu yang menjadi guru BK kewalahan atau kesulitan agar peserta didik ini disiplin. Faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan yaitu pendidik harus lebih mengenal karakter peserta didiknya, agar terjalin sebuah kekompakkan dalam belajar. x Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Peserta Didik Di Kelas X IBB 05 SMAS AN-NUR Bululawang sudah baik. dengan dukungan para guru serta pengurus pondok, adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan pihak ketua kamar di pondok untuk melakukan pengawasan terhadap peserta didik melalui group baik group yang berupa media teknologi. Adanya faktor pendukung dalam menamkan nilai-nilai kedisiplinan lainnya adalah dengan diciptakannya buku merah atau buku takzir agar peserta didik takut serta memudahkan guru BK untuk mengawasi peserta didik yang melanggar peraturan.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1002
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21601011071_SOLIHATUL MUFIDA.pdf1.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.