Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1043
Title: Penerapan Progam Budaya Religius untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik MI Attaraqqie Putri Kota Malang
Authors: Jamila, Sholehatul
Keywords: Budaya Religius
Kecerdasan Spiritual
Issue Date: 14-Nov-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini membahas tentang penerapan program budaya religius untuk meningkatkan kecerdasan spiritual di MI Attaraqqie Putri Kota Malang. Alasan dari peneliti untuk membahas terkait adanya penerapan program budaya religius sekolah dikarenakan peneliti ingin mengetahui apa saja penerapan budaya religius yang berada disekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik dengan melihat kondisi yang terjadi di sekolah. Tentunya ketika dilakukannya program budaya religius tidak luput dari faktor pendukung menjadikan program budaya religius tersebut menjadi lancar maupun faktor penghambat yang kendala dalam proses penerapan program budaya religius. Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka terdapat beberapa fokus penelitian yaitu: pertama, mengenai penerapan budaya religius di MI Attaraqqie putri Kota Malang. Kedua, Strategi guru dalam penerapan budaya religius. Ketiga, mengenai kondisi kecerdasan spiritual peserta didik. Keempat, faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan budaya religius dan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Untuk menyelesaikan permasalan atau fokus penelitian dari empat persoalan diatas, maka dilakukan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu: pertama, observasi dilakukan dengan cara mendatangi langsung lokasi penelitian yaitu di MI Attaraqqie putri Kota Malang. Kedua, wawancara dilakukan dengan bertemu secara langsung yang mana peneliti melakukan wawancara terhadap wakil kepala madrasah, guru waka kurikulum dan guru kelas. Ketiga, dukumentasi dilakukan dengan mencari sumber data dari dokumen resmi mengenai fokus penelitian. Hasil penelitian yang telah ditemukan oleh peneliti sebagai berikut: Pertama, penerapan program budaya religius di MI Attraqqie putri Kota Malang yang dilakukan setiap hari ialah membaca doa sebelum masuk kelas karena dengan adanya budaya berdoa dan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran akan dimulai. Peserta didik akan terbiasa dalam mengingat adanya Allah disekelilingnya sehingga ketika peserta didik ingin melakukan sesuatu maka peserta didik tidak akan lupa berdoa terlebih dahulu. Kedua, kondisi spiritual peserta didik di MI Aattaraqqie putri Kota Malang berdasarkan hasil penelitian dalam kondisi kecerdasan spiritual di MI Attaraqqie peserta didik bisa dikatakan sadar akan perbuatannya karena peserta didik sudah memiliki bekal agama yang vii cukup baik, diantaranya peserta didik mampu bertanggung jawab menyadari kewajibannya sebagai peserta didik seperti dalam hal mengerjakan tugas secara tepat waktu, ketika hafalan selalu tepat waktu, ketika melakukan sesuatu peserta didik tidak lupa membaca do’a terlebih dahulu, selalu menghormati yang lebih tua, mencium tangan guru ketika sebelum dan sesudah pelajaran. Perilaku peserta didik tersebut sudah mencerminkan bahwa kecerdasan spritual peserta didik semakin meningkat, karena adanya faktor lingkungan yang sangat mendukung dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Ketiga faktor pendukung dan penghambat penerapan program budaya religius untuk mencerdaskan spiritual peserta didik yakni pendukung dan penghambat bagi orang tua untuk membimbing anaknya dengan baik. Seperti lingkungan yang tidak mendukung dan pengaruh gadged yang tidak terkontrol itu salah satu faktor penghambat, faktor pendukungnya ada pada orang tua yang selalu memberikan perhatian lebih dan meluangkan waktu untuk mendampingi anak ketika meningkatkan kecerdasan spiritual, diperlukan adanya kerjasama antara guru dengan orang tua peserta didik. Berdasarkan pembahasan diatas, maka dapat disimpulan bahwa penerapan budaya religius sangat diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI Attaraqqie putri Kota Malang, karena dengan adanya budaya religius akan memberikan kebiasaan dalam berperilaku baik disekolah maupun dilingkungan sekitarnya, peserta didik senantiasa berbuat baik dan dapat memilah perilaku yang akan dilaksanakan maka akan muncul kecerdasan spiritual tanpa disadari oleh peserta didik itu sendiri.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1043
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21601013033_SHOLEHATUL JAMILA.pdf2.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.