Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1110
Title: Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Jama’ dan Qoshor dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Santri Kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang Malang
Authors: Al-Arifi, Ahmad Musyadad
Keywords: Hasil Belajar
Mata Pelajaran Fiqih
Pendekatan Konstruktivisme
Issue Date: 6-Jul-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang hasil belajar siswa/santri dalam pembelajaran. Berangkat dari sini maka penulis ingin mengungkap bagaimana meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi sholat jama’ dan qoshor dengan pendekatan konstruktivisme pada santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang Malang. Fokus penelitian ini adalah menyatakan tentang bagaimana langkahlangkah penerapan strategi konstruktivisme pelajaran fiqih materi sholat jama’ dan qoshor pada siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI AlIhsan Bululawang Malang. Apakah dengan penerapan strategi konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi sholat jama’ dan qoshor siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-ihsan Bululawang Malang. Dan menyatakan bagaimana hasil belajar mata pelajaran fiqih materi sholat jama’ dan qoshor siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah AsSa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang Malang setelah diterapkan strategi konstruktivisme. Sedangkan tujuannya adalah menyatakan tentang bagaimana langkah-langkah penerapan strategi konstruktivisme pelajaran fiqih materi sholat jama’ dan qoshor pada siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang Malang. Menjesalkan bagaimana efektifitas strategi konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi sholat jama’ dan qoshor siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang. Dan menjelaskan bagaimana hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi sholat jama’ dan qoshor siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas memakai metode milik Kurt Lewin dan pendekatan penelitian menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang Malang dengan jumlah 15 siswa/santri. Teknik pengumpulan data antara lain : tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu dengan ereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan ferifikasi data. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa : hasil belajar siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang sebelum diterapkan strategi konstruktivisme belum mencapai standart kompetensi Fiqih yang diinginkan yakni 60% atau 9 siswa/santri dari 15 siswa/santri yang telah mencapai standar hasil belajar fiqih yaitu 80%. Penerapan stategi Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi sholat jama’ dan qoshor siswa kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang, dengan rincian sebagai berikut: Pada siklus I keaktifan siswa/santri mencapai 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 73%. Dan ketepatan waktu mengerjakan soal pada siklus I mencapai 67% dan meningkat pada siklus II 87%. Untuk ketepatan siswa/santri dalam praktek sholat jama’ dan qoshor pada siklus I mencapai 73% dan meningkat pada siklus II mencapai 93%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa/santri pada siklus I mencapai 73% dan meningkat pada siklus II menjadi 93%. Peningkatan hasil belajar cukup signifikan. Pada siklus I rata-rata pencapaian pengamatan sebesar 68% . hal ini belum memenuhi terget yang ditentukan yaitu 80 %. Setelah mengalami siklus II terjadi peningkatan capaian yaitu 86%. Total peningkatan secara rata-rata sebesar 20% sehingga memnuhi target yang ditentukan.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1110
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TERPISAH_S1_FAI_21601011252_ACHMAD MUSYADA AL ARIFI.pdfCover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka1.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.