Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Jama’ dan Qoshor dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Santri Kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang Malang
Abstract
Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai peranan yang sangat
penting untuk menunjang hasil belajar siswa/santri dalam pembelajaran.
Berangkat dari sini maka penulis ingin mengungkap bagaimana meningkatkan
hasil belajar mata pelajaran fiqih materi sholat jama’ dan qoshor dengan
pendekatan konstruktivisme pada santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah
PPAI Al-Ihsan Bululawang Malang.
Fokus penelitian ini adalah menyatakan tentang bagaimana langkahlangkah penerapan strategi konstruktivisme pelajaran fiqih materi sholat jama’
dan qoshor pada siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI AlIhsan Bululawang Malang. Apakah dengan penerapan strategi konstruktivisme
dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi sholat jama’ dan
qoshor siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-ihsan
Bululawang Malang. Dan menyatakan bagaimana hasil belajar mata pelajaran
fiqih materi sholat jama’ dan qoshor siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah AsSa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang Malang setelah diterapkan strategi
konstruktivisme. Sedangkan tujuannya adalah menyatakan tentang bagaimana
langkah-langkah penerapan strategi konstruktivisme pelajaran fiqih materi sholat
jama’ dan qoshor pada siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah
PPAI Al-Ihsan Bululawang Malang. Menjesalkan bagaimana efektifitas strategi
konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi
sholat jama’ dan qoshor siswa/santri kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah
PPAI Al-Ihsan Bululawang. Dan menjelaskan bagaimana hasil belajar pada mata
pelajaran fiqih materi sholat jama’ dan qoshor siswa/santri kelas IV Madrasah
Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan tindakan
kelas memakai metode milik Kurt Lewin dan pendekatan penelitian
menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang
Malang dengan jumlah 15 siswa/santri. Teknik pengumpulan data antara lain :
tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisa data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles
dan Huberman yaitu dengan ereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan,
dan ferifikasi data.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa : hasil belajar siswa/santri kelas
IV Madrasah Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang sebelum
diterapkan strategi konstruktivisme belum mencapai standart kompetensi Fiqih
yang diinginkan yakni 60% atau 9 siswa/santri dari 15 siswa/santri yang telah
mencapai standar hasil belajar fiqih yaitu 80%.
Penerapan stategi Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar
mata pelajaran Fiqih materi sholat jama’ dan qoshor siswa kelas IV Madrasah
Diniyah As-Sa’idiyah PPAI Al-Ihsan Bululawang, dengan rincian sebagai
berikut: Pada siklus I keaktifan siswa/santri mencapai 60% dan meningkat pada
siklus II menjadi 73%. Dan ketepatan waktu mengerjakan soal pada siklus I
mencapai 67% dan meningkat pada siklus II 87%. Untuk ketepatan siswa/santri
dalam praktek sholat jama’ dan qoshor pada siklus I mencapai 73% dan
meningkat pada siklus II mencapai 93%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar
siswa/santri pada siklus I mencapai 73% dan meningkat pada siklus II menjadi
93%.
Peningkatan hasil belajar cukup signifikan. Pada siklus I rata-rata
pencapaian pengamatan sebesar 68% . hal ini belum memenuhi terget yang
ditentukan yaitu 80 %. Setelah mengalami siklus II terjadi peningkatan capaian
yaitu 86%. Total peningkatan secara rata-rata sebesar 20% sehingga memnuhi
target yang ditentukan.