Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1248
Title: | Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Kelompok A Di Tarbiyatul Athfal Sunan Kalijogo Pisang Candi Barat Kota Malang |
Authors: | Selasih, Adetya Dwi |
Keywords: | Upaya Guru Karakter Disiplin Anak |
Issue Date: | 29-Jul-2020 |
Publisher: | Universitas Islam Malang |
Abstract: | Pendidikan merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia, sehingga manusia dapat membedakan antara yang baik dan buruk dalam dirinya, kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Pembentukkan karakter ibarat mengukir. Karakter merupakan sebuah pola, baik itu pikiran, perasaan, sikap, maupun tindakan yang melekat pada diri seseorang Pada penelitian yang ditemukan di Tarbiyatul Athfal Sunan Kalijogo Pisang Candi Barat Kota Malang perkembangan kemampuan karakter anak yang muncul sesuai dengan usianya dan dapat dilihat dari perilaku selama disekolah menunjukkan adanya sikap kemandirian, disiplin, dan memiliki kerjasama yang baik dengan teman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis karakter disiplin anak kelompok A. upaya guru dalam membentuk karakter disiplin anak, dan faktor penghambat dan pendukungnya. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, karakter disiplin anak kelompok A termasuk disiplin sedang dimana anak mampu mengerti hal yang harus dilakukan meskipun masih dengan arahan guru. Upaya yang dilakukan guru dalam membentuk karakter disiplin anak yaitu hadir tepat waktu, berbaris rapi sebelum masuk kelas, berpakaian rapi, berdoa sebelum dan sesudah belajar, merapikan mainan setelah digunakan, makan bersama, dan membuang sampah pada tempatnya. Faktorfaktor yang mendukung yaitu: peran orangtua, sarana prasarana dan peraturan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor perbedaan karakter anak dan bahasa. |
URI: | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1248 |
Appears in Collections: | UT - Raudhatul Athfal Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
S1 FAI PIAUD 21601014003 ADETYA DWI SELASIH.pdf | Cover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka | 2.24 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.