Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1270
Title: Strategi Bimbingan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Melalui Metode Jibril Bagi Siswi Kelas X C SMA Al-Rifaie Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang
Authors: Azizah, Luluk
Keywords: Strategi
Baca Tulis Al-Quran
Metode Jibril
Issue Date: 23-Jun-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim tidak akan luput dari tuntunan dan ajaran Al-Quran, karena sejatinya Al-Quran merupakan pedoman serta rahmatan lil Alamin bagi seluruh umat manusia di dunia. Untuk seorang muslim memiliki kewajiban untuk mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya, adapun implementasi hukum hukum yang ada didalamnya di aplikasikan di kehidupan nyata. Metode baca tulis Al-Quran yang dilaksanakan di SMA AlRifaie Gondanglegi Malang menggunakan metode jibril yang di maksud dengan metode jibril adalah metode membaca Al-Quran dengan cara pendidik membacakan ayatnya satu ayat atau waqaf sesuai dengan perintah Alloh yaitu secara tartil, dengan dua tahapan tarqiq dan tartil yang sesuai dengan makhorj dan tajwidnya kemudian siswi menirukan taqliq bacaan gurunya sesuai dengan yang di contohkan. Setelah bacaan siswi sesuai dengan kaidah pembacaan Alquran ayat tersebut di jabarkan satu persatu tajwid dan makhorijul hurufnya. Kemudian siswi menyetorkan bacaannya Alquran yang di baca kan tadi kepada gurunya dan ditanyai kandungan ayat, tajwid dan makhorijul hurufnya. Dalam berlangsungnya kegiatan belajar dan mengajar tentunya sangat dibutuhkan strategi pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar akan lebih sempurna dengan adanya strategi belajar. Dari latar belakang tersebut maka fokus penelitian yang di ambil yakni bagaimana perencanaan proses pembelajaran baca tulis AlQuran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie, bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie, bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie Adapun tujuan penelitian yakni mendeskripsikan proses pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie. Sesuai analisis data yang didaptkan maka dapat diketahui perencanaan proses pembelajaran Al-Quran melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie dibagi menjadi kelas kelas yang disesuaikan dengan kempuan siswi, terdapat target pembelajaran dan pembagian alokasi waktu, serta sistem setoran individu yang dilaksanakan di akhir pertemuan setiap harinya, dan evalusi pada setiap pertengahan dan akhir semester. Hasil kesimpulan peneliti ini menunjukkan metode jibril adalah metode membaca Al-Quran dengan cara pendidik membacakan ayatnya satu ayat atau waqaf sesuai dengan perintah Alloh yaitu secara tartil, dengan dua tahapan tarqiq dan tartil yang sesuai dengan makhorj dan tajwidnya kemudian siswi menirukan taqliq bacaan gurunya sesuai dengan yang di contohkan. Setelah bacaan siswi sesuai dengan kaidah pembacaan Alquran ayat tersebut di jabarkan satu persatu tajwid dan makhorijul hurufnya. Kemudian siswi menyetorkan bacaannya Alquran yang di baca kan tadi kepada gurunya dan ditanyai kandungan ayat, tajwid dan makhorijul hurufnya.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1270
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TERPISAH_S1_FAI_21601011264_LULUKAZIZAH.pdfCover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka1.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.