Strategi Bimbingan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Melalui Metode Jibril Bagi Siswi Kelas X C SMA Al-Rifaie Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim tidak akan luput dari tuntunan
dan ajaran Al-Quran, karena sejatinya Al-Quran merupakan pedoman serta
rahmatan lil Alamin bagi seluruh umat manusia di dunia. Untuk seorang muslim
memiliki kewajiban untuk mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya, adapun
implementasi hukum hukum yang ada didalamnya di aplikasikan di kehidupan
nyata. Metode baca tulis Al-Quran yang dilaksanakan di SMA AlRifaie
Gondanglegi Malang menggunakan metode jibril yang di maksud dengan metode
jibril adalah metode membaca Al-Quran dengan cara pendidik membacakan
ayatnya satu ayat atau waqaf sesuai dengan perintah Alloh yaitu secara tartil,
dengan dua tahapan tarqiq dan tartil yang sesuai dengan makhorj dan tajwidnya
kemudian siswi menirukan taqliq bacaan gurunya sesuai dengan yang di contohkan.
Setelah bacaan siswi sesuai dengan kaidah pembacaan Alquran ayat tersebut di
jabarkan satu persatu tajwid dan makhorijul hurufnya. Kemudian siswi
menyetorkan bacaannya Alquran yang di baca kan tadi kepada gurunya dan ditanyai
kandungan ayat, tajwid dan makhorijul hurufnya.
Dalam berlangsungnya kegiatan belajar dan mengajar tentunya sangat
dibutuhkan strategi pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar akan lebih sempurna
dengan adanya strategi belajar. Dari latar belakang tersebut maka fokus penelitian
yang di ambil yakni bagaimana perencanaan proses pembelajaran baca tulis
AlQuran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie, bagaimana pelaksanaan
pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie,
bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode
jibril di SMA Al-Rifaie
Adapun tujuan penelitian yakni mendeskripsikan proses pembelajaran baca
tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie, mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) melalui metode jibril di SMA
Al-Rifaie, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ)
melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie.
Sesuai analisis data yang didaptkan maka dapat diketahui perencanaan
proses pembelajaran Al-Quran melalui metode jibril di SMA Al-Rifaie dibagi
menjadi kelas kelas yang disesuaikan dengan kempuan siswi, terdapat target
pembelajaran dan pembagian alokasi waktu, serta sistem setoran individu yang
dilaksanakan di akhir pertemuan setiap harinya, dan evalusi pada setiap
pertengahan dan akhir semester.
Hasil kesimpulan peneliti ini menunjukkan metode jibril adalah metode
membaca Al-Quran dengan cara pendidik membacakan ayatnya satu ayat atau
waqaf sesuai dengan perintah Alloh yaitu secara tartil, dengan dua tahapan tarqiq
dan tartil yang sesuai dengan makhorj dan tajwidnya kemudian siswi menirukan
taqliq bacaan gurunya sesuai dengan yang di contohkan. Setelah bacaan siswi
sesuai dengan kaidah pembacaan Alquran ayat tersebut di jabarkan satu persatu
tajwid dan makhorijul hurufnya. Kemudian siswi menyetorkan bacaannya Alquran
yang di baca kan tadi kepada gurunya dan ditanyai kandungan ayat, tajwid dan
makhorijul hurufnya.