Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1366
Title: Pengelolaan Program Kelas Idaman (Unggulan) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) An-Nur II Bululawang Kabupaten Malang
Authors: Putri, Dinda Utama
Keywords: Kelas Idaman
Hasil Belajar
Pendidikan Agama Islam
Issue Date: 21-Jul-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Peran pendidikan sangatlah penting, terutama dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas, jujur, terampil, kreatif serta memilki jiwa profesionalisme yang tinggi. Kelas idaman merupakan kelas yang lebih unggul dan mempunyai berbagai kegiatan intra dan ekstrakulikuler untuk menunjang proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa baik dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik serta dari segi fasilitas kelas idaman sangatlah berbeda dari kelas reguler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pengelolaan program kelas idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI), proses pelaksanaan pengelolaan program kelas idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dan model pembelajaran kelas idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) An-Nur II Bululawang Kabupaten Malang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari 5 informan antara lain kepala sekolah, waka kurikulum, ketua tim idaman, guru pendidikan agama Islam (PAI) dan siswa kelas idaman (unggulan) Sekolah Menengah Atas (SMA) An-Nur II Bululawang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pengelolaan program kelas idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) An-Nur II Bululawang Kabupaten Malang terdapat 4 perencanaan yakni input siswa kelas idaman (unggulan), guru kelas idaman (unggulan), kurikuum kelas idaman (unggulan) dan lingkungan belajar. Terkait dengan proses pelaksaan meliputi kegiatan program pembelajaran kelas idaman (unggulan), proses pembelajaran kelas idaman (unggulan) dan evaluasi hasil belajar siswa, dan terkait dengan model pembelajaran kelas idaman meliputi model pembelajaran discovery learnig, inquiry learnning, problem based learning dan project based learning.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1366
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TERPISAH_S1_FAI_21601011039_DINDA UTAMA PUTRI.pdfCover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka1.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.