Abstract:
Peran pendidikan sangatlah penting, terutama dalam mempersiapkan SDM
yang berkualitas, jujur, terampil, kreatif serta memilki jiwa profesionalisme yang
tinggi. Kelas idaman merupakan kelas yang lebih unggul dan mempunyai
berbagai kegiatan intra dan ekstrakulikuler untuk menunjang proses pembelajaran
yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa baik dari ranah kognitif,
afektif maupun psikomotorik serta dari segi fasilitas kelas idaman sangatlah
berbeda dari kelas reguler.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pengelolaan
program kelas idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI), proses pelaksanaan pengelolaan
program kelas idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dan model pembelajaran kelas
idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) An-Nur II
Bululawang Kabupaten Malang.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskripsi. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview dan
dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari 5 informan antara lain kepala
sekolah, waka kurikulum, ketua tim idaman, guru pendidikan agama Islam (PAI)
dan siswa kelas idaman (unggulan) Sekolah Menengah Atas (SMA) An-Nur II
Bululawang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pengelolaan
program kelas idaman (unggulan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA)
An-Nur II Bululawang Kabupaten Malang terdapat 4 perencanaan yakni input
siswa kelas idaman (unggulan), guru kelas idaman (unggulan), kurikuum kelas
idaman (unggulan) dan lingkungan belajar. Terkait dengan proses pelaksaan
meliputi kegiatan program pembelajaran kelas idaman (unggulan), proses
pembelajaran kelas idaman (unggulan) dan evaluasi hasil belajar siswa, dan terkait
dengan model pembelajaran kelas idaman meliputi model pembelajaran discovery
learnig, inquiry learnning, problem based learning dan project based learning.