Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1522
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAtik, Ushoghiroh-
dc.date.accessioned2021-01-25T04:22:42Z-
dc.date.available2021-01-25T04:22:42Z-
dc.date.issued2021-01-23-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1522-
dc.description.abstractPendidikan karakter di Indonesia dirasakan amat perlu dilakukan demi terwujudnya pribadi masyarakat yang berakhlaq mulia karena akhlaq mulia merupakan tujuan akhir dari suatu pendidikan. Pendidikan karakter yang ada di lembaga pendidikan berperan penting dalam membangun akhlaq peserta didik khususnya Pendidikan Karakter yang menonjolkan sikap spiritual yang terdapat di sekolah. Karena itu lembaga pendidikan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pendidikan karakter bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan Pendidikan Karakter Spiritual Berbasis Alam di SMK Alam Pujon Malang (2) Implementasi Pendidikan Karakter Spiritual Berbasis Alam di SMK Alam Pujon Malang (3) Model Pendidikan Karakter Spiritual Berbasis Alam di SMK Alam Pujon Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI, dan guru BK. Data yang diperoleh dari informan dan subyek yang diteliti ditafsirkan dan dianalisis dengan meringkas data, penyajian data, penarikan simpulan seta verifikasi data, dan menelaah kembali seluruh data. Konsep analisis data ini menggunakan konsep Miles Huburman yaitu, data collection, data display, data condensation dan conclusion drawing/ verifying . Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, pengamatan yang tekun, pengecakan sejawat melalui diskusi, dan triangulasi. Temuan penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter spiritual berbasis alam di SMK Alam Pujon yaitu dengan menetapkan standar karakter siswa, membangun sikap spiritual, dan menyediakan fasilitas pendukung.. (2) Implementasi pendidikan karakter spiritual berbasis alam di SMK Alam Pujon dilaksanakan dengan mengintegrasikan standar karakter yang ada ke dalam budaya spiritual harian, mingguan dan bulanan, program rutin sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. (3) Model pendidikan karakter spiritual berbasis alam di SMK Alam Pujon dengan pembiasaan, keteladanan, pemberian motivasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPendidikan Karakter Spiritualen_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter Spiritual Berbasis Alam. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islamen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S2_PASCASARJANA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_21802011017_ATIK USHOGHIROH.pdf1.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.