Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1550
Title: Peningkatan Kualitas Hafalan Melalui Metode Wahdah Bagi Santri Darul Qur’an Sabilul Muttaqin
Authors: Khoirudin, Muhammad
Keywords: Peningkatan Kualitas Hafalan
Metode Wahdah
Issue Date: 26-Jan-2021
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Dikalangan penghafal banyak halangan yang dialami dalam pelaksanaan menghafal Al-Quran salah satunya yakni buruknya hafalan dalam jangka pendek, kurangnya waktu menghafal yang efektif , salahnya penerapan metode, kurangnya persiapan , dan kurangnya tenaga pengajar yang mahir dalam bidang menghafal AlQuran. Dari adanya beberapa masalah yang ada maka seharusnya generasi pada masa post modern ini mempunyai kesadaran dalam menghafal Al-Quran.Terutama bagi penghafal Al-Qur’an suatu kedisiplinan dalam membaca Al-Qur’an adalah suatu keharusan. Maka dari itu sebelum menghafalkan Al-Qur’an terlebih dahulu harus memperbaiki bacaan dan displin ilmu tajwid, selain itu penghafal Al-Qur’an harus mengulang-ulang supaya lisannya terlatih untuk mengucapkan huruf dengan fasih. Dari latar belakang maka peneliti mempunyai fokus penelitian tentang, bagaimana pertimbangan ustadz pondok pesantren Darul Qur’an Sabilul Muttaqin dalam menggunakan metode wahdah sebagai upaya meningkatkan kualitas hafalan santri, bagaimana perencanaan penggunaan metode wahdah dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-qur’an pada santri pondok pesantren Darul Qur’an Sabilul Muttaqin, bagaimana pelaksanaan metode wahdah dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-qur’an pada santri pondok pesantren Darul Qur’an Sabilul Muttaqin, bagaimana Model Metode wahdah dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-qur’an pada santri pondok pesantren Darul Qur’an Sabilul Muttaqin. Dalam penelitian ini, siklus ketika proses penelitian berlangsung, siklus pertama. pertimbangan dilihat dari karakter menghafal santri disikusi ini telah tergambar adanya kesesuaian antara karakter menghafal santri terhadap metode yang digunakan yaitu metode wahdah, akan tetapi juga adanya kekurangan yaitu santri kelelahan karena kurang banyak bacaan baru yang belum sepenuhnya dikuasai olenh santri yang mengakibatkan kualitas hafaln rendah.Perencanaan,di siklus ini prosentasi kelulusanya mencapai 57% dan ini terdiri dari 13 santri dari segi perencanaan sebenarnya tidak terlalu rumit mengingat metode wahdah ini metode yang sederhana,dari perencanaan di siklus ini dari segi penyampaian serta pemberian materi sudah tersistem dengan baik akan tetapi di ranah pelaksanaan masih perlu improvisasi dengan keadaan santri yang ada dikelas,supaya bisa menyeuaikan dengan keadaan. Perencanaan disiklus II ini sebenarnya juga tidak terlalu rumit mengingat disiklus ini adalah modifikasi sari siklus I .metode wahdah ini metode yang sederhana, dari perencanaan di siklus ini dari segi penyampaian serta pemberian materi sudah tersistem dengan baik akan tetapi di ranah pelaksanaan masih perlu improvisasi dengan keadaan santri yang ada dikelas, supaya bisa menyseuaikan dengan keadaan yang terjadi dan dalam siklus II ini sudah tersistem dengan baik. vi Pelaksanaan, dalam pelaksanaan ini menemukan beberapa permasalahan terkait dengan hafalan santri yaitu pelaksanaan awal diawali dengan membaca bersama dipimpin oleh pengajar dan diikuti oleh semua santri agar hafalan yang di buat sesuai dengan standar bacaan,di sini tingkat kelulusan dan kualitas hafalan santri sudah stabil yaitu dengan prosentasi 100% dari 13 santri. Sebagai penutup,peneliti memberikan saran bahwasanya dalam mengarahkan santri seorang guru harus tepat dalam memilih metode pembelajaran yang tentunya harus di sesuaikan dengan kondisi santri. Pemilihan metode yang tepat akan mempengaruhi hasil serta kualitas hafalan. Selain itu guru juga harus memiliki ketrampilan dalam mengajar. Karena berhasilnya suatu pembelajaran juga ditentukan oleh guru itu sendiri.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1550
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_20601011022_MUHAMMAD KHOIRUDIN.pdf1.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.