Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2119
Title: Pesantren dan Multikulturalisme di Madura: Adaptasi Nilai Multikultural dalam Menciptakan Kerukunan Masyarakat Multi Etnis dan Agama
Authors: Mo'tasim, Mo'tasim
Bakri, Maskuri
Junaidi, Mistar
Ghony, Djunaidi
Indah Purnamasari, Nia
Keywords: Pesantren
Multikulturalisme
Masyarakat Multi Etnis dan Agama
Toleransi
Issue Date: 31-Dec-2020
Publisher: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Islamic Education Teacher Training Program of UIN Sunan Ampel Surabaya
Citation: Mo’tasimM., BakriM., MistarJ., GhonyD., & PurnamasariN. I. (2020). Pesantren dan Multikulturalisme di Madura: Adaptasi Nilai Multikultural dalam Menciptakan Kerukunan Masyarakat Multi Etnis dan Agama. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 8(2), 173-194. https://doi.org/10.15642/jpai.2020.8.2.173-194
Series/Report no.: Jurnal Pendidikan Agama Islam;Vol. 8 No. 2 (2020)
Abstract: Kerukunan masyarakat multi etnis dan agama di satu daerah selalu menarik untuk dibahas, karena dapat memberikan solusi kepada daerah sejenis yang masih berkonflik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses adaptasi nilai-nilai multikultural yang dilakukan Pesantren Miftahul Qulub dalam menciptakan kerukunan masyarakat multi etnis dan agama di desa Polagan Pamekasan Madura. Penelitian fenomenologis ini menemukan bahwa proses adaptasi nilai multikultural dilakukan melalui pendekatan tradisi kemasyarakatan, mazhab moderat, dakwah, dan modal sosial. Beberapa pendekatan tersebut merupakan aktualisasi dari pembudayaan nilai keislaman dan jiwa Nahdhatul Ulama (NU), sehingga membuat pesantren begitu mudah diterima dan membaur dengan masyarakat multikultur. Dilihat dari kaca mata pedagogis, pesantren Miftahul Qulub menekankan proses pembelajaran berbasis masyarakat. Oleh sebab itu, konsep tersebut dapat menjadi refleksi bagi lembaga lain adalahkurikulum dan budaya akademik harus diadaptasi dengan kebutuhan masyarakat yang beragam, dinamis dan berkembang.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)
URI: https://doi.org/10.15642/jpai.2020.8.2.173-194
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2119
ISSN: 2527-4511
Appears in Collections:LP - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
860-Article Text-1822-1-10-20210308.pdfFull-Text435.34 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.