Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2184
Title: Eksplorasi Nilai-nilai Kesetaraan dalam Pendidikan Pesantren Mu’ādalah
Authors: Mufiqur, Rahman
Maskuri, Bakri
Hasan, Busri
Kurnia Novita Rahmawat, Roro
Zainullah, Zainullah
Keywords: Kesetaraan
Pesantren education
Pesantren Mu’ādalah
Issue Date: 21-Jan-2020
Publisher: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)
Abstract: Salah satu nilai moderasi Islam adalah kesetaraan. Kesetaraan dalam pendidikan menjadi sangat penting untuk memastikan proses pendidikan yang berkeadilan (equity) dan berkesetaraan (equality). Pesantren Mu’ādalah adalah satuan pendidikan yang ekslusif, dengan sistem pendidikan yang otonom, mandiri dan berbeda baik dengan sekolah, madrasah atau pesantren lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai dan praktik kesetaraan dalam pendidikan Pesantren Mu’ādalah secara inklusif. Dengan pendekatan penelitian etnografi, Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep dipilih sebagai lokus penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa, Pesantren Al-Amien tidak hanya menjadi Pesantren Mu’ādalah yang setara secara institusional, tetapi juga memiliki substansi dan praktis kesetaraan itu sendiri. Nilainilai spiritual, integrasi keislaman dan keindonesiaan, dan implementasi budaya lokal pesantren dalam praktik kelembagaan memberikan justifikasi esensi kesetaraan pesantren mu’ādalah dengan lembaga pendidikan lainnya.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2184
ISSN: 2527-4511
Appears in Collections:LP - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
656-Article Text-1633-1-10-20201208.pdf499.46 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.