Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2185
Title: PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PERENCANAAN DAN PROSES PEMBELAJARAN PARTISIPATIF GUNA MEWUJUDKAN KUALITAS PENDIDIKAN YANG BERMUTU
Authors: Bakri, Maskuri
Keywords: pemberdayaan
perencanaan
pembelajaran partisipatif
Issue Date: 31-Jan-2020
Publisher: Fakultas Agama Islam - Universitas Islam Malang
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menemukan model tentang cara guru dalam merumuskan perencanaan, proses pelaksanaan, dan sistem evaluasi pembelajaran yang sinkron dan integral dalam mencapai tujuan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran akan bermakna bagi peserta didik secara maksimal, bukan menuntut peserta didik mendengar, mencatat, akan tetapi menghendaki aktifitas peserta didik dalam proses berfikir, sehingga mampu mengkonstruksi pengetahuan sendiri. Metode penelitian menggunakan pendekatan “participatory action research” karena penelitian ini dilakukan dengan cara kerjasama antara sekelompok orang, yakni peneliti bersama-sama dengan pihak madrasah dengan sistem pelaksanaan; (1) mengidentifikasi masalah, (2) kemungkinan mengatasinya, (3) menyusun rencana dan melaksanakan tindakan, (4) menilai seberapa berhasil upaya-upaya yang dilakukan, dan (5) melakukan tindakan ulang demi penyempurnaan aksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum semua pendidik mempersiapkan rencana pembelajaran dengan baik, dan kalaupun ada yang mempersiapkan mereka belum mampu mensinkronisasikan antara kompetensi dasar, implementasi dan sistem evaluasi pembelajaran.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Prosiding KNPI: Konferensi Nasional Pendidikan Islam | Fakultas Agama Islam - Universitas Islam Malang
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2185
Appears in Collections:LP - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1076-1373-2-PB.pdf420.46 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.