PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PERENCANAAN DAN PROSES PEMBELAJARAN PARTISIPATIF GUNA MEWUJUDKAN KUALITAS PENDIDIKAN YANG BERMUTU
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menemukan model tentang cara
guru dalam merumuskan perencanaan, proses pelaksanaan, dan sistem evaluasi pembelajaran yang
sinkron dan integral dalam mencapai tujuan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran akan
bermakna bagi peserta didik secara maksimal, bukan menuntut peserta didik mendengar,
mencatat, akan tetapi menghendaki aktifitas peserta didik dalam proses berfikir, sehingga mampu
mengkonstruksi pengetahuan sendiri. Metode penelitian menggunakan pendekatan “participatory
action research” karena penelitian ini dilakukan dengan cara kerjasama antara sekelompok orang,
yakni peneliti bersama-sama dengan pihak madrasah dengan sistem pelaksanaan; (1)
mengidentifikasi masalah, (2) kemungkinan mengatasinya, (3) menyusun rencana dan
melaksanakan tindakan, (4) menilai seberapa berhasil upaya-upaya yang dilakukan, dan (5)
melakukan tindakan ulang demi penyempurnaan aksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum
semua pendidik mempersiapkan rencana pembelajaran dengan baik, dan kalaupun ada yang
mempersiapkan mereka belum mampu mensinkronisasikan antara kompetensi dasar,
implementasi dan sistem evaluasi pembelajaran.