Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2283
Title: Pseudo Abstraksi Reflektif Dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Bilangan
Authors: Faradiba, Surya Sari
Fuady, Anies
Sari, Desi Nofita
Keywords: Abstraksi Reflektif
Interiorisasi
Koordinasi
Pembalikan
Enkapsulasi
Issue Date: 30-Sep-2020
Publisher: STKIP Andi Matappa
Series/Report no.: Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika;Vol 4, No 2 (2020), p. 409-422
Abstract: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses abstraksi reflektif yang dialami oleh siswa. Subjek penelitian adalah seorang siswa kelas VIII. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek dipilih karena mempertimbangkan kemampuan komunikasinya yang cukup baik dibandingan teman-teman seusianya sehingga memudahkan peneliti dalam menggali data. Selain itu, subjek terpilih merupakan siswa dengan prestasi akademik yang sangat memuaskan dibandingkan teman-teman sekelasnya. Penelitian ini mengulas dan menjelaskan abstraksi reflektif yang dilakukan subjek dalam menyelesaikan masalah barisan bilangan. Hal yang menjadi fokus penelitian adalah proses abstraksi reflektif yang meliputi interiorisasi, koordinasi, pembalikan, enkapsulasi, dan generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan tahapan abstraksi reflektif tidak menjamin sampai pada solusi yang benar. Dalam penelitian ini subjek melakukan semua tahap abstraksi reflektif mulai dari interiorisasi, koordinasi, pembalikan, enkapsulasi, dan generalisasi, namun solusi akhirnya salah. Fenomena ini dikatakan sebagai pseudo abstraksi reflektif atau abstraksi reflektif semu.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika
URI: https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/article/view/685/426
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2283
ISSN: 2549-6719
Appears in Collections:LPP - Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
685-3767-1-PB.pdfDocument276.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.