Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2329
Title: Penerapan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Islam Nusantara Malang pada Materi Pertidaksamaan Rasional dan Irrasional
Authors: Fathani, Abdul Halim
Keywords: Group Investigation
Pemecahan Masalah Kontekstual
Pertidaksamaan Rasional dan Irasional
Issue Date: Mar-2020
Publisher: Universitas Kuningan
Series/Report no.: Jurnal Edukasi dan Sains Matematika JES-MAT;Vol. 6 No.1
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan group investigation dalam meningkatkan pemecahan masalah kontekstual pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional dari siswa kelas X SMA Islam Nusantara Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dasar tes pendahuluan yang telah diberikan sebelum tindakan model pembelajaran. Hasil tersebut menunjukan kurangnya minat siswa pada matematika, serta pemahaman dasar-dasar matematika yang perlu untuk mempelajari pertidaksamaan rasional dan irasional juga menunjukkan kurang memuaskan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari 10 siswa, dengan 7 siswa dari jurusan IPS, dan 3 siswa jurusan IPA. Instrumen peneltiian menggunakan lembar soal dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan menghitung ketuntasan hasil belajar siswa. Siklus pertama menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 60% dari 10 siswa. Selanjutnya, pada siklus kedua meningkat ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Group Investigation terbukti dapat meningkatkan pemecahan masalah kontekstual pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Jurnal Edukasi dan Sains Matematika JES-MAT
URI: https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/2298
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2329
ISSN: 7726142000
Appears in Collections:LP - Mathematic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2298-6967-1-PB.pdfDocument273.6 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.