Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2329
Title: | Penerapan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Islam Nusantara Malang pada Materi Pertidaksamaan Rasional dan Irrasional |
Authors: | Fathani, Abdul Halim |
Keywords: | Group Investigation Pemecahan Masalah Kontekstual Pertidaksamaan Rasional dan Irasional |
Issue Date: | Mar-2020 |
Publisher: | Universitas Kuningan |
Series/Report no.: | Jurnal Edukasi dan Sains Matematika JES-MAT;Vol. 6 No.1 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan group investigation dalam meningkatkan pemecahan masalah kontekstual pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional dari siswa kelas X SMA Islam Nusantara Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dasar tes pendahuluan yang telah diberikan sebelum tindakan model pembelajaran. Hasil tersebut menunjukan kurangnya minat siswa pada matematika, serta pemahaman dasar-dasar matematika yang perlu untuk mempelajari pertidaksamaan rasional dan irasional juga menunjukkan kurang memuaskan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari 10 siswa, dengan 7 siswa dari jurusan IPS, dan 3 siswa jurusan IPA. Instrumen peneltiian menggunakan lembar soal dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan menghitung ketuntasan hasil belajar siswa. Siklus pertama menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 60% dari 10 siswa. Selanjutnya, pada siklus kedua meningkat ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Group Investigation terbukti dapat meningkatkan pemecahan masalah kontekstual pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional. |
Description: | [ARCHIVES] Copyright Article from : Jurnal Edukasi dan Sains Matematika JES-MAT |
URI: | https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/2298 http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2329 |
ISSN: | 7726142000 |
Appears in Collections: | LP - Mathematic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
2298-6967-1-PB.pdf | Document | 273.6 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.