Penerapan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Islam Nusantara Malang pada Materi Pertidaksamaan Rasional dan Irrasional
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan group investigation dalam meningkatkan
pemecahan masalah kontekstual pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional dari siswa kelas X
SMA Islam Nusantara Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dasar tes pendahuluan yang telah
diberikan sebelum tindakan model pembelajaran. Hasil tersebut menunjukan kurangnya minat siswa
pada matematika, serta pemahaman dasar-dasar matematika yang perlu untuk mempelajari
pertidaksamaan rasional dan irasional juga menunjukkan kurang memuaskan. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari 10
siswa, dengan 7 siswa dari jurusan IPS, dan 3 siswa jurusan IPA. Instrumen peneltiian menggunakan
lembar soal dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan menghitung ketuntasan hasil belajar
siswa. Siklus pertama menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 60% dari 10 siswa.
Selanjutnya, pada siklus kedua meningkat ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 80%. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa Group Investigation terbukti dapat meningkatkan pemecahan masalah
kontekstual pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional.
URI
https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/2298http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2329