Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2346
Title: Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukun Kota Malang
Authors: Heriyawati, Dwi Fita
Sari, Ifit Novita
Keywords: Pelatihan
Pendampingan
PTK
Issue Date: 15-May-2020
Publisher: Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Series/Report no.: Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement;Vol. 1 No. 2, p. 101-111
Abstract: Artikel ini menjelaskan hasil pengabdian masyarakat oleh tim pengabdi dari Universitas Islam Malang yang dilakukan terhadap guru-guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sukun, Kota Malang. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menulis penelitian khususnya menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang mana melakukan laporan selalu menjadi kesulitan bagi mereka. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami mengidentifikasi masalah sebagai berikut: a) memutuskan topik untuk CAR, b) membuat judul, c) membuat pertanyaan penelitian, d) menciptakan tahapan penelitian dan juga instrumentasi yang relevan untuk mengumpulkan data, e) menulis diskusi hasil, kemudian menyusun saran dan kesimpulan dari hasil. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan melakukan pelatihan dan praktik penulisan PTK. Dari hasil pelatihan, ditemukan bahwa guru Sekolah Dasar memperoleh pengalaman tentang menulis PTK. Para peserta sangat antusias dengan pelatihan ini, sehingga pada akhir kegiatan ini, diharapkan dengan melakukan pelatihan PTK ini, mereka akan dapat melakukan penelitian baik secara mandiri maupun dalam kelompok.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement
URI: https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/amalee/article/view/302
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2346
ISSN: 2716-0750
Appears in Collections:LP - English Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
document.pdfDocument851.93 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.