Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukun Kota Malang
View/ Open
Date
2020-05-15Author
Heriyawati, Dwi Fita
Sari, Ifit Novita
Metadata
Show full item recordAbstract
Artikel ini menjelaskan hasil pengabdian masyarakat oleh tim pengabdi dari Universitas Islam
Malang yang dilakukan terhadap guru-guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sukun, Kota Malang. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menulis penelitian
khususnya menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang mana melakukan laporan
selalu menjadi kesulitan bagi mereka. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami mengidentifikasi
masalah sebagai berikut: a) memutuskan topik untuk CAR, b) membuat judul, c) membuat
pertanyaan penelitian, d) menciptakan tahapan penelitian dan juga instrumentasi yang relevan
untuk mengumpulkan data, e) menulis diskusi hasil, kemudian menyusun saran dan kesimpulan dari
hasil. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan melakukan pelatihan dan
praktik penulisan PTK. Dari hasil pelatihan, ditemukan bahwa guru Sekolah Dasar memperoleh
pengalaman tentang menulis PTK. Para peserta sangat antusias dengan pelatihan ini, sehingga
pada akhir kegiatan ini, diharapkan dengan melakukan pelatihan PTK ini, mereka akan dapat
melakukan penelitian baik secara mandiri maupun dalam kelompok.
URI
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/amalee/article/view/302http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2346