Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2381
Title: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menilai Kebenaran Suatu Pernyataan
Authors: Setiawan, Yayan Eryk
Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis
Menilai Kebenaran Pernyataan
Kesalahan Konsep
Kesalahan Fakta
Kesalahan Prinsip
Issue Date: Apr-2020
Publisher: Universitas Syah Kuala Banda Aceh
Series/Report no.: Jurnal Didaktik Matematika;Vol. 7, No. 1, p. 13-31
Abstract: Alasan-alasan yang diberikan oleh siswa dalam menilai kebenaran sebuah pernyataan masih banyak kesalahan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menemukan kesalahan-kesalahan siswa dalam menilai kebenaran suatu pernyataan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X, di salah satu SMA Kabupaten Lumajang. Instrumen penelitian ini terdiri dari tiga soal menuntut kemampuan evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga kesalahan siswa dalam menilai kebenaran suatu pernyataan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan fakta. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah direkomendasikan kepada pendidik untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi definisi, membedakan antara sifat-sifat bangun datar dengan bangun ruang, dan menjelaskan makna simbol dalam berbagai konteks dengan tujuan masing-masing untuk mengurangi kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan fakta.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Jurnal Didaktik Matematika
URI: http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/14495
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2381
ISSN: 2548-8546
Appears in Collections:LP - Mathematic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14495-48638-1-PB.pdfDocument616.56 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.