Analisis Kesalahan Siswa dalam Menilai Kebenaran Suatu Pernyataan
Abstract
Alasan-alasan yang diberikan oleh siswa dalam menilai kebenaran sebuah
pernyataan masih banyak kesalahan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menemukan
kesalahan-kesalahan siswa dalam menilai kebenaran suatu pernyataan. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X, di salah satu SMA
Kabupaten Lumajang. Instrumen penelitian ini terdiri dari tiga soal menuntut kemampuan
evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga kesalahan siswa dalam menilai
kebenaran suatu pernyataan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan
fakta. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah direkomendasikan kepada pendidik untuk
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi definisi, membedakan antara
sifat-sifat bangun datar dengan bangun ruang, dan menjelaskan makna simbol dalam
berbagai konteks dengan tujuan masing-masing untuk mengurangi kesalahan konsep,
kesalahan prinsip, dan kesalahan fakta.
URI
http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/14495http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2381