Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2402
Title: Interelasi Pembaharuan Pendidikan Islam: Solusi Konflik Dikotomi Sains Islam Modern dan Tradisional
Authors: Wiyono, Dwi Fitri
Keywords: Interelasi
Pembaharuan Pendidikan Islam
Dikotomi Islam Modern dan tradisional
Issue Date: 21-Jul-2020
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Syari`ah Miftahul Ulum Lumajang
Series/Report no.: Jurnal Qolamuna;Vol. 6 No. 1, p.121-134
Abstract: Artikel ini membahas tentang tembaharuan pendidikan Islam menemukan signifikansinya melalui metode interelasi atas dikotomi paradigma sains Islam modern dan tradisional dengan pendekatan solusi konflik. Hasil kajian dan penelitian dalam jurnal ini adalah rekonstruksi pendidikan Islam melalui metode interelasi pembaharuan pendidikan Islam, antara lain: Pertama, membuat pembedaan yang tegas antara Islam normatif dan Islam historis; kedua rekonstruksi terhadap sains-sains Islam tradisional, Ketiga, kajian historis sistematis, mengenai perkembangan disiplin ilmu Islam. Sampai saat ini intelektual muslim belum menciptakan suatu etika al-Qur’an dan sosial, baik secara sistematis maupun metodologis.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Jurnal Qolamuna
URI: https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/206
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2402
Appears in Collections:LP - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
206-Article Text-384-1-10-20201223.pdfDocument639.7 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.