Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2415
Title: | Generalization Strategy of Linear Patterns from Field-Dependent Cognitive Style |
Authors: | Setiawan, Yayan Eryk Purwanto I Nengah, Parta Sisworo |
Keywords: | Generalisasi Strategi Generalisasi Pola Linier Gaya Kognitif Field-Dependent |
Issue Date: | Jan-2020 |
Publisher: | Universitas Sriwijaya |
Series/Report no.: | Journal on Mathematics Education;Vol.11, No. 1, p. 77-94 |
Abstract: | Pola linear merupakan materi utama dalam pembelajaran pola bilangan di Sekolah Menengah Pertama, akan tetapi masih banyak siswa yang mengalami kegagalan dalam menggeneralisasi pola linear tersebut. Kegagalan siswa dalam menggeneralisasi pola diduga banyak dilakukan oleh siswa yang cenderung memandang masalah secara global tanpa memecah ke dalam komponen penyusunnya seperti siswa field-dependent. Untuk itu dalam penelitian ini bertujuan untuk mempelajari proses berpikir siswa yang gagal dan mempelajari proses berpikir siswa yang berhasil dalam menggeneralisasi pola linier. Hasil penelitian ini memberikan solusi strategi belajar yang efektif untuk siswa field-dependent dalam menggeneralisasi pola linier. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field-dependent memandang soal pola yang direpresentasikan dalam bentuk gambar geometri secara global tanpa melihat struktur gambar. Pada penelitian ini mempelajari dua strategi generalisasi pola linearyang digunakan oleh siswa field-dependent, yaitu strategi rekursif dan strategi beda. |
Description: | [ARCHIVES] Copyright Article from : Journal on Mathematics Education |
URI: | https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/9134 http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2415 |
ISSN: | 2407-0610 |
Appears in Collections: | LP - Mathematic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
document.pdf | Document | 842 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.