Generalization Strategy of Linear Patterns from Field-Dependent Cognitive Style
View/ Open
Date
2020-01Author
Setiawan, Yayan Eryk
Purwanto
I Nengah, Parta
Sisworo
Metadata
Show full item recordAbstract
Pola linear merupakan materi utama dalam pembelajaran pola bilangan di Sekolah Menengah Pertama, akan
tetapi masih banyak siswa yang mengalami kegagalan dalam menggeneralisasi pola linear tersebut. Kegagalan
siswa dalam menggeneralisasi pola diduga banyak dilakukan oleh siswa yang cenderung memandang masalah
secara global tanpa memecah ke dalam komponen penyusunnya seperti siswa field-dependent. Untuk itu dalam
penelitian ini bertujuan untuk mempelajari proses berpikir siswa yang gagal dan mempelajari proses berpikir
siswa yang berhasil dalam menggeneralisasi pola linier. Hasil penelitian ini memberikan solusi strategi belajar
yang efektif untuk siswa field-dependent dalam menggeneralisasi pola linier. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field-dependent memandang soal pola yang direpresentasikan
dalam bentuk gambar geometri secara global tanpa melihat struktur gambar. Pada penelitian ini mempelajari
dua strategi generalisasi pola linearyang digunakan oleh siswa field-dependent, yaitu strategi rekursif dan
strategi beda.
URI
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/9134http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2415