Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2420
Title: | Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Rekrutmen Guru Menggunakan Logika Fuzzy Tahani |
Authors: | Setiawan, Yayan Eryk |
Keywords: | Logika Fuzzy Tahani Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Rekruitmen Guru |
Issue Date: | Jun-2020 |
Publisher: | Universitas Pattimura Ambon |
Series/Report no.: | BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan;Vol. 14 No. 2, p. 253–266 |
Abstract: | Salah satu upaya untuk mendapatkan guru yang kompeten di bidangnya adalah dengan melakukan proses rekrutmen guru berdasarkan empat kompetensi guru, yaitu kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesional. Akan tetapi, kendala dari proses rekrutmen guru yang sering dilakukan adalah subyektifitas pengambilan keputusan. Salah satu cara untuk mengatasi subyektifitas dalam perekrutan guru adalah dengan menggunakan logika fuzzy tahani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi logika fuzzy tahani dalam sistem pendukung pengambilan keputusan penerimaan guru berdasarkan hasil tes keempat kompetensi guru. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah menentukan fungsi derajat keanggotaan dari nilai kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesional. Tahap kedua adalah mendesain program fuzifikasi tahani dengan menggunakan microsoft excel. Tahap ketiga adalah mengimplementasikan program fuzzy tahani yang berhasil dibuat untuk pengambilan keputusan penerimaan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan penerimaan guru yang menggunakan logika fuzzy tahani lebih baik daripada hanya menggunakan nilai rata-rata. Karena logika fuzzy tahani mempertimbangkan berbagai kriteria, sedangkan rata-rata hanya mempertimbangkan satu kriteria yang memiliki nilai tinggi. |
Description: | [ARCHIVES] Copyright Article from : BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan |
URI: | https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/barekeng/article/view/1740 http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2420 |
ISSN: | 2615-3017 |
Appears in Collections: | LP - Mathematic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1740-Article Text-12059-2-10-20200930.pdf | Document | 767.93 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.