Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2463
Title: Pengelolaan Kelas Multikultural: Strategi Mengelola Keberagaman Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
Authors: Mustafida, Fita
Keywords: Pengelolaan Kelas
Multikultural
Keberagaman Peserta Didik
Issue Date: Jun-2021
Publisher: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Series/Report no.: MADRASAH Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar;Vol. 13 No. 2, p. 84-96
Abstract: Lingkungan kelas yang nyaman tidak lepas dari peran guru dalam mengelola lingkungan pembelajaran. Kondisi kelas yang heterogen menjadi tantangan bagi guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan bermakna. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki perbedaan karakter, kebutuhan, serta potensinya masing-masing yang perlu dikembangkan. Di sisi lain, heterogenitas peserta didik jika tidak dikelola dengan baik dapat menjadi sumber munculnya berbagai problem di kelas. Mulai dari bullying, suasana pembelajaran tidak terkendali, bahkan sikap antipati terhadap keberagaman yang memicu sikap negatif lain, seperti diskriminasi dan ketidakadilan. Oleh karenanya, untuk mengatasi problem tersebut, diperlukan kemampuan guru menciptakan lingkungan kelas yang menghargai keragaman (multikultural). Berdasarkan pandangan tersebut, maka pengelolaan kelas multikultural sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan, pengelolaan kelas multikultural diyakini mampu membina keragaman siswa dengan tetap berprinsip pada nilai-nilai universal kemanusiaan yang berkeadilan dan memihak pada aspek kesederajatan. Pengelolaan kelas multikultural juga mampu memberi pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan manusia, serta menghargai perbedaan dengan pendekatan manusia (human approach). Atas dasar tersebut, maka kajian ini membahas tentang strategi guru dalam mengelola keragaman peserta didik dengan menggunakan pendekatan pengelolaan kelas yang multikultural. Pengelolaan kelas multikultural perlu dikembangkan guna menciptakan suasana pembelajaran yang lebih humanis dan demokratis yang sangat dibutuhkan untuk membina keberagaman siswa di kelas. Diantara strategi pengelolaan kelas multikultural yang dapat dilakukan adalah mengelola keragaman gender, status sosial, etnis, termasuk kecerdasan.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : MADRASAH Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
URI: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/11061
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2463
ISSN: 2502-194X
Appears in Collections:LP - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11061-32780-1-PB.pdfDocument330.54 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.