Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2595
Title: Curriculum Development Strategic Management Model Islamic International Boarding School (IIBS) in Thursina IIBS Malang
Authors: Wiyono, Dwi Fitri
Keywords: Manajemen Strategik
Kurikulum;
Islamic International Boarding School
Issue Date: 2021
Publisher: Universitas Islam Bandung
Series/Report no.: Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam;Vol. 10 (1) 2021, p. 121-142
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proses formulasi, implementasi dan evaluasi terhadap strategi kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School di Lembaga Pendidikan Islam Thursina IIBS Kabupaten Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan rancangan multi situs, teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan studi dokumen, teknik analisis menggunakan kasus tunggal dan lintas kasus. Hasil penelitian ini adalah: (1) Formulasi strategi pengembangan kurikulum model International Islamic Boarding School melalui tahapan: pertama, Strategi input: memadukan kurikulum kepesantrenan, kurikulum nasional serta kurikulum internasional yaitu Kurikulum Coumbrige, lulusan dari International Islamic Boarding School (IIBS) akan memiliki piagam Coumbrige, Kedua, Strategi proses: mengembangkan kurikulum melalui penguatan bahasa (languages) dan pengembangan diri yang berwawasan global (enrichment and extension), ketiga, strategi output: komitmen pada kualitas lulusan yang berkepribadian Islami (morally eccelent), berwawasan global (internationally minded), dan berjiwa pemimpin (an inspiring leader). (2) Implementasi strategi pengembangan kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School (IIBS), implementasi kurikulum melalui proses organizational culture and refocusing the organization dan specialization class (Moslem scholer, entrepreneur, sciencepreneur, professional) (3) Evaluasi strategi pengembangan kurikulum pendidikan Islam model International Islamic Boarding School, evaluasi menyesuaikan dengan standart kurikulum perpaduan antara kurikulum pesantren, nasional, dan internasional, evaluasi dilakukan secara menyeluruh (holistic) mulai dari input, proses, output, dan outcome dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam pengembangan kurikulum.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam
URI: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/article/view/8232
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2595
ISSN: 2528-5092
Appears in Collections:LP - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
8232-30851-1-PB.pdfDocument265.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.