Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2626
Title: Teks dan Diskursus Otoritas menurut Khaled M. Abou El-Fadl
Authors: Hidayatullah, Muhammad Fahmi
Taufiq, Firmanda
Keywords: teks
diskursus
otoritas
Khaled M. Abou Fadl
Issue Date: 28-Mar-2021
Publisher: Universitas Wiralodra Indramayu
Series/Report no.: Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam;Vol. 7, No. 1, p. 133-146
Abstract: Hukum Islam adalah sebuah konstruksi atas dua otoritas tertinggi dalam Islam, yakni Al Quran dan hadis. Didalamnya memuat rujukan otoritatif dalam persoalan keagamaan. Sementara itu, dalam pandangan Khaled, kalangan ahli hukum Islam menjadi sumber legitimasi dalam menafsirkan teks-teks keagamaan. Khaled berusaha mengkritik konstruksi otoritarianisme dalam hukum Islam, terutama mengenai kritik atas fatwa-fatwa misoginis yang telah dikeluarkan oleh Council for Scientific Research and Legal Opinion (CRLO) dan The Society for Adherence to the Sunnah (SAS). Didalam artikel ini berupaya menganalisis dan mengkaji bagaimana tawaran pemikiran Khaled M. Abou El-Fadl dalam persoalan teks dan diskursus otoritas dalam kajian Islam, terutama terkait dalam tafsir terhadap teks-teks keagamaan, yakni Al-Quran dan hadis. Sementara metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deksriptif-analisis. Dari berbagai fakta dan data yang didapatkan, selanjutnya dianalisis dan dinarasikan secara deskriptif dengan mengacu pada fokus penelitian ini. Berdasarkan pada temuan penelitian didapatkan bahwa seharusnya teks-teks keagamaan seharusnya mampu ditafsirkan dan dibaca dengan baik sesuai dengan konteksnya, terutama otoritas dan otoritarianisme yang melekat dalam kajian keislaman.
Description: [ARCHIVES] Copyright Articles from : Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
URI: https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/170
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2626
ISSN: 2614-3275
Appears in Collections:LP - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
170-Article Text-767-1-10-20210709.pdfDocument649.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.