Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2626
Title: | Teks dan Diskursus Otoritas menurut Khaled M. Abou El-Fadl |
Authors: | Hidayatullah, Muhammad Fahmi Taufiq, Firmanda |
Keywords: | teks diskursus otoritas Khaled M. Abou Fadl |
Issue Date: | 28-Mar-2021 |
Publisher: | Universitas Wiralodra Indramayu |
Series/Report no.: | Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam;Vol. 7, No. 1, p. 133-146 |
Abstract: | Hukum Islam adalah sebuah konstruksi atas dua otoritas tertinggi dalam Islam, yakni Al Quran dan hadis. Didalamnya memuat rujukan otoritatif dalam persoalan keagamaan. Sementara itu, dalam pandangan Khaled, kalangan ahli hukum Islam menjadi sumber legitimasi dalam menafsirkan teks-teks keagamaan. Khaled berusaha mengkritik konstruksi otoritarianisme dalam hukum Islam, terutama mengenai kritik atas fatwa-fatwa misoginis yang telah dikeluarkan oleh Council for Scientific Research and Legal Opinion (CRLO) dan The Society for Adherence to the Sunnah (SAS). Didalam artikel ini berupaya menganalisis dan mengkaji bagaimana tawaran pemikiran Khaled M. Abou El-Fadl dalam persoalan teks dan diskursus otoritas dalam kajian Islam, terutama terkait dalam tafsir terhadap teks-teks keagamaan, yakni Al-Quran dan hadis. Sementara metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deksriptif-analisis. Dari berbagai fakta dan data yang didapatkan, selanjutnya dianalisis dan dinarasikan secara deskriptif dengan mengacu pada fokus penelitian ini. Berdasarkan pada temuan penelitian didapatkan bahwa seharusnya teks-teks keagamaan seharusnya mampu ditafsirkan dan dibaca dengan baik sesuai dengan konteksnya, terutama otoritas dan otoritarianisme yang melekat dalam kajian keislaman. |
Description: | [ARCHIVES] Copyright Articles from : Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam |
URI: | https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/170 http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2626 |
ISSN: | 2614-3275 |
Appears in Collections: | LP - Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
170-Article Text-767-1-10-20210709.pdf | Document | 649.61 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.