Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/375
Title: Korelasi Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang
Authors: Siswoyo, Selina Rahmawati
Keywords: Motivasi Berprestasi
Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam
Issue Date: 12-Jun-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini membahas tentang korelasi antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang dengan menjadikan sebagian siswanya sebagai objek penelitian. Penelitian ini dilator belakangi oleh prestasi yang dicapai oleh kelas tersebut dan motivasi dalam mencapai prestasi tersebut terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama islam. Motivasi berprestasi tersebut dapat difamai sebagai faktor internal bagi diri tiap siswa, sehingga dengan adanya motivasi berprestasi pada tiap siswa hal ini tidak hanya mempengaruhi pada prestasi belajarnya saja melainkan pada hal-hal atau kegiatan lain yang ingin dicapainya. Karena dorongan atau motivasi yang kuat akan menghasilkan sesuatu yang kuat dan lebih baik dari lainnya. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah ada korelasi/hubungan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama islam di Sekolah Menengah Atas Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang. Berdasarkan kajian teori yang dikaji oleh peneliti, adanya prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat diimbangi dengan adanya motivasi berprestasi siswa yang baik. Penelitian ini mengambil sampel yang populasinya dari kelas XI MIPA SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang. Permasalahan tersebut di atas dibahas melalui sebuah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA SMA Al-Rifa’ie ondanglegi Malang. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara penyebaran kuisioner atau angket dan diambil dari nilai Ujian Tengah Semester Semester Genap tahun pelajaran 2019/2020 dan dianalisis menggunakan pendekatan rumus statistik product moment pada IBM SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi berprestasi siswa SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang secara umum cukup baik, hal ini ditinjau dari hasil kuisioner/angket yang dibagikan kepada siswa kelas XI MIPA SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang dengan kategori tinggi sebanyak 19 siswa, sedangkan motivasi berprestasi dengan kategori sedang sebanyak 18 siswa. (2) Prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI MIPA SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang secara umum juga cukup baik, hal ini ditinjau dari nilai yang diperoleh siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Ujian Tengah Semester tahun pelajaran 2019/2020 dengan kategori tinggi sebanyak 17 siswa, sedangkan prestasi belajar dengan kategori sedang sebanyak 20 siswa. (3) Terdapat hubungan/korelasi dngan kategori sedang antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang diperoleh menggunakan pendekatan rumus statistik product moment pada hitungan IBM SPSS versi 20, yakni koefisien hubungan (r hitung) sebesar 0,448>0,325, yang merupakan r tabelnya dengan taraf signifikan 0,05 atau 5%, kesimpulannya yakni terdapat korelasi yang bersifat positif dan signifikan dengan taraf sedang antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang. Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/375
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
21601011281-Selina Rahmawati S.pdfCOVER - ABSTRAK - BAB PENDAHULUAN - BAB PENUTUP - DAFTAR PUSTAKA3.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.