Korelasi Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang
Abstract
Penelitian ini membahas tentang korelasi antara motivasi berprestasi dan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas
Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang dengan menjadikan sebagian siswanya sebagai objek
penelitian. Penelitian ini dilator belakangi oleh prestasi yang dicapai oleh kelas tersebut
dan motivasi dalam mencapai prestasi tersebut terutama pada mata pelajaran
Pendidikan Agama islam. Motivasi berprestasi tersebut dapat difamai sebagai faktor
internal bagi diri tiap siswa, sehingga dengan adanya motivasi berprestasi pada tiap
siswa hal ini tidak hanya mempengaruhi pada prestasi belajarnya saja melainkan pada
hal-hal atau kegiatan lain yang ingin dicapainya. Karena dorongan atau motivasi yang
kuat akan menghasilkan sesuatu yang kuat dan lebih baik dari lainnya.
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah ada korelasi/hubungan
antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama islam di Sekolah Menengah Atas Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang.
Berdasarkan kajian teori yang dikaji oleh peneliti, adanya prestasi belajar mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat diimbangi dengan adanya motivasi
berprestasi siswa yang baik. Penelitian ini mengambil sampel yang populasinya dari
kelas XI MIPA SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang. Permasalahan tersebut di atas
dibahas melalui sebuah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI
MIPA SMA Al-Rifa’ie ondanglegi Malang. Proses pengumpulan data pada penelitian
ini dengan cara penyebaran kuisioner atau angket dan diambil dari nilai Ujian Tengah
Semester Semester Genap tahun pelajaran 2019/2020 dan dianalisis menggunakan
pendekatan rumus statistik product moment pada IBM SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi berprestasi siswa SMA
Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang secara umum cukup baik, hal ini ditinjau dari hasil
kuisioner/angket yang dibagikan kepada siswa kelas XI MIPA SMA Al-Rifa’ie
Gondanglegi Malang dengan kategori tinggi sebanyak 19 siswa, sedangkan motivasi
berprestasi dengan kategori sedang sebanyak 18 siswa. (2) Prestasi belajar mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI MIPA SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi
Malang secara umum juga cukup baik, hal ini ditinjau dari nilai yang diperoleh siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Ujian Tengah Semester tahun
pelajaran 2019/2020 dengan kategori tinggi sebanyak 17 siswa, sedangkan prestasi
belajar dengan kategori sedang sebanyak 20 siswa. (3) Terdapat hubungan/korelasi
dngan kategori sedang antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas
XI MIPA SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang diperoleh menggunakan
pendekatan rumus statistik product moment pada hitungan IBM SPSS versi 20, yakni
koefisien hubungan (r hitung) sebesar 0,448>0,325, yang merupakan r tabelnya dengan
taraf signifikan 0,05 atau 5%, kesimpulannya yakni terdapat korelasi yang bersifat
positif dan signifikan dengan taraf sedang antara motivasi berprestasi dan prestasi
belajar siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Menengah Atas Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang.
Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam