Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/480
Title: Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu
Authors: Santoso, Rany Andriyani
Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler
Issue Date: 27-Jul-2020
Abstract: Kata kunci : implementasi, perencanaan, evaluasi, ekstrakulikuler Kegiatan ekstrakulikuler ini merupakan salah satu realisasidari proses belajar mengajar yang menuntut adanya keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, baik di jam pelajaran sekolah maupun diluar jam pelajaran sekolah, sehingga diharapkan mereka dapat mengembangkan minat bakatnya. Untuk memudahkan penelitian ini, maka sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perencanaan kepala madrasah dalam meningkatkan kegiatan ekstrakulikuler di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum, untuk mengetahui implementasi kepala madrasah dalam meningkatkan kegiatan ekstrakulikuler di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum, untuk mengetahui evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kegiatan ekstrakulikuler di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Data-data yang diperoleh oleh peneliti dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu. Kemudian metode analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif, dan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan dilakukan dengan menggunakan ketekunan, triangulasi, diskusi teman sejawat, serta menggunakan dari beberapa bahan referensi. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakulikuler di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum merupakan salah satu kegiatan diluar jam mata pelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan bakat yang dimiliki peserta didik. Selain itu juga meningkatkan prestasi madrasah dalam bidang ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakulikuler menjadikan peserta didik lebih disiplin dalam hal perilaku terpuji. Ekstrakulikuler merupakan salah satu media belajar siswa dalam mengembangkan aspek-aspek pendidikan. Pada umumnya siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler berdasarkan minat dan bakat yang ada pada diri siswa. Minat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dapat mempengaruhi intensi dilenkuensi siswa. Oleh karena itu siswa, hendaknya mengisi waktu luang dengan kegiatan positif.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/480
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21601013076_RANY ANDRIYANI SANTOSO.pdfCOVER - ABSTRAK - BAB PENDAHULUAN - BAB PENUTUP - DAFTAR PUSTAKA1.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.