Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu
Abstract
Kata kunci : implementasi, perencanaan, evaluasi, ekstrakulikuler
Kegiatan ekstrakulikuler ini merupakan salah satu realisasidari proses
belajar mengajar yang menuntut adanya keaktifan peserta didik dalam kegiatan
belajar mengajar, baik di jam pelajaran sekolah maupun diluar jam pelajaran
sekolah, sehingga diharapkan mereka dapat mengembangkan minat bakatnya.
Untuk memudahkan penelitian ini, maka sebagai rumusan masalah dalam
penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perencanaan kepala
madrasah dalam meningkatkan kegiatan ekstrakulikuler di Madrasah Ibtidaiyah
Bustanul Ulum, untuk mengetahui implementasi kepala madrasah dalam
meningkatkan kegiatan ekstrakulikuler di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum,
untuk mengetahui evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kegiatan
ekstrakulikuler di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah studi kasus. Data-data yang diperoleh oleh peneliti dengan cara observasi,
wawancara dan dokumentasi di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu.
Kemudian metode analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif, dan
teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,
kesimpulan dan dilakukan dengan menggunakan ketekunan, triangulasi, diskusi
teman sejawat, serta menggunakan dari beberapa bahan referensi.
Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa kegiatan
ekstrakulikuler di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum merupakan salah satu
kegiatan diluar jam mata pelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan bakat
yang dimiliki peserta didik. Selain itu juga meningkatkan prestasi madrasah dalam
bidang ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakulikuler menjadikan peserta didik lebih
disiplin dalam hal perilaku terpuji. Ekstrakulikuler merupakan salah satu media
belajar siswa dalam mengembangkan aspek-aspek pendidikan. Pada umumnya
siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler berdasarkan minat dan bakat yang ada
pada diri siswa. Minat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dapat mempengaruhi
intensi dilenkuensi siswa. Oleh karena itu siswa, hendaknya mengisi waktu luang
dengan kegiatan positif.