Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5331
Title: Peran Pendidikan Pesantren untuk Membentuk Kemandirian Penghafalan Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nur Muhammad)
Authors: Kurniawan, Muhammad
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Peran
Pendidikan Pesantren
Kemandirian
Issue Date: 23-Aug-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan pesantren dalam membentuk kemandirian santri Pondok Pesantren Nur Muhammad, kemandirian seperti apa yang dimiliki oleh santri Pondok Pesantren Nur Muhammad, serta factor pendukung dan penghambat dalam membentuk kemandirian santri Pondok Pesantren Nur Muhammad. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus santri di Pondok Pesantren Nur Muhammad. Hasil penelitian didapatkan peran pendidikan pesantren adalah sebagai control dan kurikulum pembelajaran. Santri juga mampu menyelesaikan tugasnya sendiri dan mampu membagi waktu atau mengatur waktu seperti waktu sholat, mengaji, sekolah, belajar, murojaah, tugas piket, serta waktu dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di pesantren. Faktor pendukung kemandirian santri di pondok pesantren Nur Muhammad yaitu dukungan penuh dari kiai atau pengasuh pondok pesantren, Adanya kekompakan antara ustadz dan ustadzah, murobbi, dan para pengurus di pondok pesantren.dan dukungan dan respon yang baik dari wali santri. Sedangkan factor penghambat terdapat dalam diri santri sendiri, Latar belakang santri yang berbeda-beda, dan Kurangnya kesadaran santri di pesantren dalam melakukan tugas dan kewajibannya di pondok pesantren. Kata Kunci: Peran, Pendidikan Pesantren, Kemandirian
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5331
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_PENDIDKAN AGAMA ISLAM_21801011242_MUHAMMAD KURNIAWAN.pdfPublish1.66 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FAI_PAI_21801011242_MUHAMMAD KURNIAWAN.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.34 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.