Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6039
Title: MODEL EVALUASI KETERAMPILAN MENULIS DENGAN PORTFOLIO
Authors: Werdiningsih, Dyah
Keywords: keterampilan bahasa
berbahasa
menulis
evaluasi
portofolio
Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education
Issue Date: 2-Aug-2005
Publisher: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Series/Report no.: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran;Vol. 18, No. 02
Abstract: Dalam pembelajaran bahasa, siswa perlu dilatih secara sistematis cara-cara mengases kemajuan belajar mereka sendiri. Hal ini diperlukan agar siswa dapat mengidentifikasikan berbagai kelebihan mereka sendiri secara lebih baik. Dengan demikian, setelah menyelesaikan suatu program pembelajaran, dapat diketahui tingkat kecakapan dan diperoleh suatu profile kelebihan-kelebihan dan kelemahan-kelemahan mereka dalam banyak faktor dalam belajar bahasa. Kemajuan yang telah dicapai dan tugas-tugas komunikatif apa yang telah sukses mereka lakukan dapat diketahui dengan tepat. Sejalan dengan hal ini, model evaluasi yang relevan digunakan adalah portfolio. Pada tulisan ini, dikemukakan model evaluasi pembelajaran salah satu keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menulis dengan portfolio yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu (1) monitoring informal, (2) penilaian proses, dan (3) penilaian hasil. Model evaluasi menulis ini didasarkan pada model penilaian menulis yang dikemukakan oleh Thomkins (1995).
Description: [ARCHIVES] Copyright Article From: Pendidikan dan Pembelajaran
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6039
ISSN: 0215-9341
Appears in Collections:LP - Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
model_evaluasi.pdfFulltext371.03 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.