MODEL EVALUASI KETERAMPILAN MENULIS DENGAN PORTFOLIO
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa, siswa perlu dilatih secara sistematis cara-cara
mengases kemajuan belajar mereka sendiri. Hal ini diperlukan agar siswa dapat
mengidentifikasikan berbagai kelebihan mereka sendiri secara lebih baik. Dengan
demikian, setelah menyelesaikan suatu program pembelajaran, dapat diketahui tingkat
kecakapan dan diperoleh suatu profile kelebihan-kelebihan dan kelemahan-kelemahan
mereka dalam banyak faktor dalam belajar bahasa. Kemajuan yang telah dicapai dan
tugas-tugas komunikatif apa yang telah sukses mereka lakukan dapat diketahui dengan
tepat. Sejalan dengan hal ini, model evaluasi yang relevan digunakan adalah portfolio.
Pada tulisan ini, dikemukakan model evaluasi pembelajaran salah satu keterampilan
berbahasa, yaitu keterampilan menulis dengan portfolio yang dilakukan dalam tiga tahap,
yaitu (1) monitoring informal, (2) penilaian proses, dan (3) penilaian hasil. Model
evaluasi menulis ini didasarkan pada model penilaian menulis yang dikemukakan oleh
Thomkins (1995).