Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6169
Title: Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMP NU Gendong Kec. Laren, Kab. Lamongan
Authors: Afifa, Fiqhi
Keywords: Kompetensi Pedagogik
Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam
Issue Date: 12-Oct-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Kompetensi pedagogik, dan profesionalsime memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena berhubungan langsung dengan proses pembelajaran serta pengembangan kompetensi yang di miliki oleh guru, yaitu tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru tidak hanya bertugas sebagai perancang pembelajaran, tetapi juga harus mampu melaksanakan perencanaan yang dibuatnya. Pelaksanaan pembelajaran akan berhasil tergantung dari perencanaan yang disusun oleh guru. Perencanaan pembelajaran merupakan panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan terarah. Serta mendapat hasil akhir yang baik, yang mana hasil akhir tersebut tertuang dalam penilaian evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1. Perencanaan model pengembangan kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP NU Gendong pelaksanaan, 2. Pelaksanaan model pengembangan kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP NU Gendong, 3. Evaluasi model pengembangan kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP NU Gendong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenisnya studi kasus. Sumber data didapat dari narasumber, peristiwa, dokumen dan arsip. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara tak terstruktur, Observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Proses analisis data dimulai dari analisis sebelum lapangan, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah :1. Perencanaan meliputi penyusunan indikator Pedagogik dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam, 2. Pelaksanaan meliputi mendengar, mengklasifikasi, dan mendorong indikator pedagogik dan profesionalisme sebagai acuan, 3. Evaluasi meliputi evaluasi diri, dan evaluasi indikator pedagogik dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6169
Appears in Collections:MT - Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.