Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6471
Title: Pendidikan Inklusif sebagai Dasar dalam Membentuk Santri (Studi Fenomenologi di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Suci Gresik).
Authors: Fanan, M. Athoiful
Keywords: Pendidikan Inklusif
Karakter Santri
Issue Date: 2-Nov-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini membahas pendidikan inkusif di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Suci Gresik. Tujuan penelitian ini 1. Nilai-nilai Pendidikan inklusif sebagai dasar dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Mamba’us Sholikhin Suci Gresik 2. Implementasi pendidikan inklusif sebagai dasar dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Suci Gresik.3. Model Pendidikan inklusif sebagai dasar dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Gresik. Paradigma penelitian ini menggunakan paradigma fenomenologi, pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga jenis strategi, yaitu qualitative interviews, qualitative observation, dan qualitative documents. Analisis yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis data tunggal dan analisis data situs. Penelitian ini mendapati kesimpulan 1. Membangun nilai-nilai pendidikan inklusif sebagai dasar dalam membentuk karakter santri dilakukan dengan menerapkan konsep tasamuh; nilai al-Infitah/ dinamis; nilai tanawue/keragaman dan nilai Islam rahmatan lil alamin. 2. Implementasi pendidikan inklusif sebagai dasar dalam membentuk karakter santri di Pondok pesantren Mamba’us Sholihin Gresik dilaksanakan dalam bentuk perumusan Pelaksaaan Program pondok pesantren dengan penyelenggaraan kurikulum yang mengadopsi perpaduan sistem salaf dan modern yang berkiblat pada pesantren Gontor dan Langitan sebagai kiblat dari program penguasaan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa sehari- hari santri, sedangkan pondok pesantren Langitan sebagai kiblat pesantren Mambaus Sholihin dalam hal kurikulum Salafiyahnya, selain itu dengan program tahfidz quran, tahfidz mutun, bahtsul masail fiqhiyyah, munaqosyah nahwiyyah. 3. Model Pendidikan Inklusif Sebagai Dasar Dalam Membentuk Karakter Santri di di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Suci Gresik menggunakan model tarbiyah melalui model keteladanan, bimbingan, motivasi dan pentingnya memiliki niat yang tulus dalam belajar, dan model taklim yang dilakukan melalui membangkitkan imajinasi santri secara visioner dan kreatif, mengembangkan bakat dan minat, serta meningkatkan kualitas keimanan sebagai bentuk memurnikan hati santri, serta model ta’dib yang dilakukan dengan membentuk komitmen melalui ikrar santri dan pendekatan kekeluargaan.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6471
Appears in Collections:DT - Multicultural Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PENDIDIKAN INKLUSIF SEBAGAI DASAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI.pdf
  Restricted Access
6.43 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
S3_PASCASARJANA_21903011015_M. ATHOIFUL FANAN.pdf1.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.