View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pendidikan Inklusif sebagai Dasar dalam Membentuk Santri (Studi Fenomenologi di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Suci Gresik).

Thumbnail
View/Open
PENDIDIKAN INKLUSIF SEBAGAI DASAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI.pdf (6.278Mb)
S3_PASCASARJANA_21903011015_M. ATHOIFUL FANAN.pdf (1.881Mb)
Date
2022-11-02
Author
Fanan, M. Athoiful
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini membahas pendidikan inkusif di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Suci Gresik. Tujuan penelitian ini 1. Nilai-nilai Pendidikan inklusif sebagai dasar dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Mamba’us Sholikhin Suci Gresik 2. Implementasi pendidikan inklusif sebagai dasar dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Suci Gresik.3. Model Pendidikan inklusif sebagai dasar dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Gresik. Paradigma penelitian ini menggunakan paradigma fenomenologi, pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga jenis strategi, yaitu qualitative interviews, qualitative observation, dan qualitative documents. Analisis yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis data tunggal dan analisis data situs. Penelitian ini mendapati kesimpulan 1. Membangun nilai-nilai pendidikan inklusif sebagai dasar dalam membentuk karakter santri dilakukan dengan menerapkan konsep tasamuh; nilai al-Infitah/ dinamis; nilai tanawue/keragaman dan nilai Islam rahmatan lil alamin. 2. Implementasi pendidikan inklusif sebagai dasar dalam membentuk karakter santri di Pondok pesantren Mamba’us Sholihin Gresik dilaksanakan dalam bentuk perumusan Pelaksaaan Program pondok pesantren dengan penyelenggaraan kurikulum yang mengadopsi perpaduan sistem salaf dan modern yang berkiblat pada pesantren Gontor dan Langitan sebagai kiblat dari program penguasaan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa sehari- hari santri, sedangkan pondok pesantren Langitan sebagai kiblat pesantren Mambaus Sholihin dalam hal kurikulum Salafiyahnya, selain itu dengan program tahfidz quran, tahfidz mutun, bahtsul masail fiqhiyyah, munaqosyah nahwiyyah. 3. Model Pendidikan Inklusif Sebagai Dasar Dalam Membentuk Karakter Santri di di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Suci Gresik menggunakan model tarbiyah melalui model keteladanan, bimbingan, motivasi dan pentingnya memiliki niat yang tulus dalam belajar, dan model taklim yang dilakukan melalui membangkitkan imajinasi santri secara visioner dan kreatif, mengembangkan bakat dan minat, serta meningkatkan kualitas keimanan sebagai bentuk memurnikan hati santri, serta model ta’dib yang dilakukan dengan membentuk komitmen melalui ikrar santri dan pendekatan kekeluargaan.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6471
Collections
  • DT - Multicultural Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group