Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6742
Title: 2. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu
Authors: Irawati, Yuni
Keywords: pendekatan saintifik
pendidikan agama Islam (PAI)
Issue Date: 6-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Salah satu ciri khas kurikulum 2013 adalah penerapan pendekatan saintifik. Kurikulum merupakan rencana tertulis yang berisi tentang ide-ide dan gagasan gagasan yang dirumuskan oleh pengembang kurikulum. Kurikulum 2013 mengamanatkan penggunaan pendekatan saintifik dalam setiap pembelajaran, dimana terdapat 5 proses ilmiah yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Namun tidak semua mata pelajaran bersifat ilmiah seperti pada mata pelajaran PAI. Hal ini perlu dilakukan penelitian bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu sebagai sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Blora. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Perencanaan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu (2) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu (3) Evaluasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, Adapun jenisnya pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara tak terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dimulai dari analisis sebelum lapangan, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perencanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan pendekatan saintifik/pendekatan ilmiah guru PAI di SMA Al Muhammad Cepu terlebih dahulu mempersiapkan penetapan dokumen KTSP, penyusunan perangkat pembelajaran yang terdiri dari: Prota, Promes, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP, media pembelajaran, dan instrument penilaian, (2) Implementasi pembelajarannya juga sudah dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik/pendekatan ilmiah yang meliputi kegiatan 4M yaitu: mengamati, menanya, mencoba, dan mengkomunikasikan. (3) Evaluasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu dilaksanakan oleh guru secara menyeluruh dengan melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian kompetensi sikap (attitude), penilaian pengetahuan (knowledge), dan penilaian keterampilan (skill)
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6742
Appears in Collections:MT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
  Restricted Access
4.17 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
S2_MPAI_22002011036_Yuni Irawati.pdf1.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.