Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6904
Title: Studi Analisis Kinerja Simpang Empat Menggunakan Metode MKJI 1997 dan Software PTV VISSIM 2022 (Studi Kasus: Jl. K.H Hasyim Ashari – Jl. Ade Irma Suryani – Jl. Arif Margono – Jl. Brigjen Katamso) Kota Malang
Authors: Shofi’i, Muhammad
Keywords: Teknik
Teknik Sipil
Lalu lintas (Traffic)
Kemacetan
Simpang Bersinyal
Perempatan Kasin
Kota Malang
MKJI 1997
PTV Vissim
Issue Date: 18-Feb-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Simpang jalan yang sudah tidak mampu menampung volume lalu lintas akibat tingginya laju pertumbuhan jumlah kendaraan, hingga menimbulkan kemacetan dan antrian kendaraan yang panjang. hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara hingga mengakibatkan turunnya tingkat pelayanan jalan pada simpang secara keseluruhan. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi atau analisis terhadap kinerja simpang guna menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan untuk meningkatkan kembali kualitas pelayanan simpang. Digunakan data Lalu lintas kendaraan serta data geometrik simpang untuk melakukan analisis kinerja simpang, menggunakan metode MKJI 1997 dan software PTV Vissim 2022 sebagai acuan analisis dan perhitungannya. Simpang empat bersinyal Jl. K.H Hasyim Ashari – Jl. Ade Irma Suryani – Jl. Arif Margono – Jl. Brigjen Katamso Kota Malang memiliki 3 fase pengaturan rambu lalu lintas dengan waktu siklus 104 detik. Hasil analisis simpang menggunakan MKJI 1997 diperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 0,64 pada Jl. K.H Hasyim Ashari, 0,93 pada Jl. Ade Irma Suryani, 0,87 pada Jl. Arif Margono, dan 0,98 pada Jl. Brigjen Katamso. Nilai panjang antrian untuk Jl. K.H Hasyim Ashari adalah sebesar 60,73 m, Jl. Ade Irma Suryani sebesar 112,14 m, Jl. Arif Margono sebesar 182,79 m, dan Jl. Brigjen Katamso sebesar 195,29 m. Nilai tundaan simpang rata-rata (Di) sebesar 47,25 det/smp sehingga masuk dalam kategori tingkat pelayanan / level of service (LoS) E. Hasil analisis simulasi simpang menggunakan PTV VISSIM 2022 Student Version menghasilkan panjang antrian rata-rata (QLen) sebesar 23,10 m, panjang antrian maksimal rata-rata (QLenmax) sebesar 69,49 m dan waktu tundaan sebesar 51,75 det/smp sehingga masuk dalam kategori tingkat pelayanan / level of service (LoS) E. Kata Kunci: Lalu lintas (Traffic), Kemacetan, Simpang Bersinyal, Perempatan Kasin, Kota Malang, MKJI 1997, PTV Vissim.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6904
Appears in Collections:UT - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_TEKNIK SIPIL_21501051076_MUHAMMAD SHOFII.pdfPublish1.52 MBAdobe PDFView/Open
STUDI ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 DAN SOFTWARE PTV VISSIM 2022.pdf
  Restricted Access
Fulltext6.42 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.