Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/743
Title: Pengembangan Multiple Intellegences melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang
Authors: Khuzludani, Irsyadila
Keywords: Multiple Intelligences
Pendidikan Agama Islam
Kegiatan Ekstrakurikuler
Issue Date: 26-Jun-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Howard Gardner adalah pencetus teori multiple intelligences, yaitu teori yang menyatakan bahwa kecerdasan tidak hanya diukur dengan IQ, namun kecerdasan ialah suatu kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu permasalahan dan juga dapat menciptakan sebuah produk/karya. Kecerdasan menurut Gardner terbagi menjadi 9 jenis, yaitu kecerdasan visual-spasial, kecerdasan bahasa, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan musik, kecerdasan gerak-badani, kecerdasan logis matematis, kecerdasan naturalis dan kecerdasan eksistensial. Kegiatan Ekstrakulikuler adalah kegiatan yang dilakukan diluar pembelajaran formal di dalam kelas. Kegiatan ini diadakan MI Khadijah untuk menunjang bakat dan minat siswa, serta mengembangkan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) yang dimiliki siswa MI Khadijah. Ada 12 ekstrakulikuler di MI Khadijah yaitu pramuka, tapak suci, tenis meja, catur, renang, olimpiade matematika, olimpiade IPA, membatik, melukis/menggambar, seni vokal, tari, qiroah (seni baca Alquran). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pengembangan multiple intelligences melalui kegiatan ekstrakulikuler di MI Khadijah Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan dan menganalisis suatu proses yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler di MI Khadijah sesuai dengan karakteristik jenis ekstrakuliker tersebut. Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler merupakan pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) siswa MI Khadijah. Kegiatan ekstrakulikuler di MI Khadijah juga menjadi suatu wadah dalam mengembangkan bakat dan minat siswa. Siswa yang telah memiliki potensi dalam kecerdasan majemuk (multiple intelligences) akan dapat memecahkan sebuah permasalahan dan dapat menghasilkan sebuah karya. Prestasi siswa MI Khadijah yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakulikuler juga termasuk dalam hasil pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Kendala pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler di MI Khadijah yang berkaitan dengan kecerdasan majemuk ialah lemahnya siswa dalam kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan bahasa, kecerdasan naturalis dan kecerdasan logis-matematis. Kata Kunci : Multiple Intelligences, Kegiatan Ekstrakulikuler, MI Khadijah
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/743
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21601013081_Irsyadila Khuzludani.pdfCOVER - ABSTRAK - BAB PENDAHULUAN - BAB PENUTUP - DAFTAR PUSTAKA2.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.