Pengembangan Multiple Intellegences melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang
Abstract
Howard Gardner adalah pencetus teori multiple intelligences, yaitu teori yang
menyatakan bahwa kecerdasan tidak hanya diukur dengan IQ, namun kecerdasan
ialah suatu kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu permasalahan dan
juga dapat menciptakan sebuah produk/karya. Kecerdasan menurut Gardner
terbagi menjadi 9 jenis, yaitu kecerdasan visual-spasial, kecerdasan bahasa,
kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan musik, kecerdasan
gerak-badani, kecerdasan logis matematis, kecerdasan naturalis dan kecerdasan
eksistensial.
Kegiatan Ekstrakulikuler adalah kegiatan yang dilakukan diluar pembelajaran
formal di dalam kelas. Kegiatan ini diadakan MI Khadijah untuk menunjang bakat
dan minat siswa, serta mengembangkan kecerdasan majemuk (multiple
intelligences) yang dimiliki siswa MI Khadijah. Ada 12 ekstrakulikuler di MI
Khadijah yaitu pramuka, tapak suci, tenis meja, catur, renang, olimpiade
matematika, olimpiade IPA, membatik, melukis/menggambar, seni vokal, tari,
qiroah (seni baca Alquran). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
menganalisis tentang pengembangan multiple intelligences melalui kegiatan
ekstrakulikuler di MI Khadijah Malang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang disajikan dalam bentuk
deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan dan menganalisis suatu proses
yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan
Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction),
Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler di
MI Khadijah sesuai dengan karakteristik jenis ekstrakuliker tersebut. Pelaksanaan
kegiatan ekstrakulikuler merupakan pengembangan kecerdasan majemuk
(multiple intelligences) siswa MI Khadijah. Kegiatan ekstrakulikuler di MI
Khadijah juga menjadi suatu wadah dalam mengembangkan bakat dan minat
siswa. Siswa yang telah memiliki potensi dalam kecerdasan majemuk (multiple
intelligences) akan dapat memecahkan sebuah permasalahan dan dapat
menghasilkan sebuah karya. Prestasi siswa MI Khadijah yang berkaitan dengan
kegiatan ekstrakulikuler juga termasuk dalam hasil pengembangan kecerdasan
majemuk (multiple intelligences). Kendala pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler
di MI Khadijah yang berkaitan dengan kecerdasan majemuk ialah lemahnya siswa
dalam kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan bahasa,
kecerdasan naturalis dan kecerdasan logis-matematis.
Kata Kunci : Multiple Intelligences, Kegiatan Ekstrakulikuler, MI Khadijah