Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8100
Title: Metode Pembelajaran Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah Dalam Menanamkan Moderasi Beragama Santri Di PP Syahamah Probolinggo
Authors: Ikhsan, Mokhammad Samsul
Keywords: Metode Pembelajaran
Akidah Ahlussunnah wal Jama’ah
Issue Date: 15-Jul-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Kini, penyimpangan-penyimpangan terhadap agama kembali massif di Indonesia. Tidak jarang, penyimpangan mengakibatkan cara pandang yang ekstrimis baik liberal maupun radikal (g}hulluw wa taqs>ir). Cara pandang ekstrimis bermula dari minimnya pemahaman tentang Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah yang berprinsip pada wasathiyyah. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih jauh bagaimana metode pembelajaran Akidah yang diimplementasikan di pondok pesantren Syahamah Probolinggo dalam menguatkan sikap moderat dalam beragama santri. Pondok pesantren Syahamah Probolinggo mengkaji, mendalami dan mendakwahkan Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah secara intensif dibanding dengan lembaga pendidikan Islam yang ada di Indonesia pada umumnya. Para santri menghafal matan-matan kitab khususnya yang memuat materi kitab Akidah, seperti mukhtasar Sullam al-Tawfiq karya Syeikh‘Abdulla>h al-Hara>ri>. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode tersebut berguna untuk melihat secara komprehensif dan mendalam tentang metode pembelajaran yang meliputi; metode, prinsip dan implementasi pembelajaran sekaligus evaluasi dari implementasi pembelajaran Akidah yang diterapkan di pondok pesantren Syahamah Probolinggo. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu; 1) Metode pembelajaran di pondok. Metode yang diterapkan diantaranya; metode CPTT, metode Inquiry dan metode Tutor Sebaya. 2) Metode pembelajaran diimplementasikan dalam beberapa kegiatan seperti: pemahaman teoritis, upaya merawat tradisi dan kegiatan Muhad}arah. 3) Faktor penunjang pembelajaran diantaranya: Profesinonalisme guru dan metode pembelajaran yang interaktif. Faktor penghambatnya antara lain banyaknya hafalan, minimnya kontekstualisasi materi dan belum adanya silabus dan RPP
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8100
Appears in Collections:MT - Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.