Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/813
Title: Implementasi Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X AP Program Inklusi di SMKN 2 Malang pada Masa Pandemi Covid-19
Authors: Khoiroh, Iffatul
Keywords: Implementasi
Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia
Program Inklusi
Issue Date: 8-Jul-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pendidikan Inklusi didefinisikan sebagai salah satu sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua siswa yang berkelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan siswa pada umumnya. Sebelum guru mengimplementasi perangkat pembelajaran, guru merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak berkebutuhan khusus. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian dengan mengungkapkan beberapa fokus penelitian yaitu: (1)Perencanaan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia Program Inklusi, (2) Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19, (3) Evaluasi hasil pembelajaran Bahasa Indonesia program inklusi pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian dalam hal ini, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk mengetahui implementasi perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X AP program inklusi di SMK Negeri 2 Malang pada masa Pandemi Covid-19. Peneliti mengumpulkan data melalui penelitian secara daring dengan guru mapel dan GPK. Subjek penelitian dalam hal ini adalah, guru bidang studi Bahasa Indonesia, Guru Pembimbing Khusus(GPK), dan siswa ABK kelas X AP 3. Siswa ABK berjumlah 3 orang, satu di kelas reguler bernama DS dengan gangguan tunagrahita ringan, dan keduanya di kelas khusus yang bernama VN gangguan tunagrahita sedang sedangkan HD gangguan disleksia. Hasil penelitian dalam hal ini, perencanaan perangkat pembelajaran di SMKN 2 Malang menggunakan kurikulum umum dan kurikulum modifikasi untuk program inklusi. Kelas reguler guru bidang studi Bahasa Indonesia menggunakan silabus dan RPP umum. Kelas khusus Guru Pembimbing Khusus(GPK) menggunakan silabus dan RPP modifikasi untuk siswa ABK di kelas khusus X AP 3 dengan menyesuaikan karakteristik masing-masing siswa ABK. Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19, guru bidang studi Bahasa Indonesia menggunakan aplikasi watshap grub untuk menyampaikan materi dengan menggunakan Power Point Teks(PPT), dan pemberikan tugas dengan siswa merangkum materi. Guru Pembimbing Khusus(GPK) membuat jurnal kegiatan pembelajaran daring untuk kelas khusus. GPK menggunakan aplikasi watshap untuk melakukan vidoe call dengan siswa ABK dalam menyampaikan materi. GPK tidak memberikan tugas, GPK melakukan tanya jawab dengan siswa menggunakan voice note diaplikasi watshap grub. Evaluasi yang digunakan guru bidang studi Bahasa Indonesia di kelas reguler menggunakan rubrik penilaian yang sama dengan rubrik pada umumnya, namun berbeda dalam penilaian siswa ABK dengan memberikan keterangan kegiatan dan kendala yang dialami siswa selama pembelajaran berlangsung, sama halnya dengan GPK dalam memberikan penilaian terhadap siswa ABK dengan mendeskripsikan kegiatan, kesulitan, dan hasil yang didapat siswa ABK dalam menerima materi. Kesimpulan dari penelitian tersebut dalam implementasi perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia progam inklusi di sekolah tersebut, menggunakan kurikulum modifikasi untuk program inklusi, dan kurikulum umum untuk kelas reguler. Pelaksanaan pembelaaran daring yang dilakukan pada masa Pandemi Covid-19 tersebut menggunakan aplikasi watshap grub dalam memberikan materi dan tugas-tugas untuk siswa di kelas reguler maupun siswa ABK di kelas khusus. Evaluasi yang digunakan dalam menilai hasil proses pembelajaran siswa dilakukan dengan menilai tugas-tugas yang diberikan guru dan hasil tanya jawab dengan siswa ABK yang dilakukan GPK. Guru bidang studi Bahasa Indonesia dan GPK menggunakan rubrik penilaian pada umumnya, namun dalam penilaian siswa ABK guru memberikan keterangan secara naratif untuk mendeskripsikan kegiatan dan kesuliatan yang dialami siswa dalam melakukan pembelajaran berlangsung.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/813
Appears in Collections:UT - Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TERPISAH_S1_FKIP_21601071064_IFFATUL KHOIROH.pdfCover, Abstrak, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka1.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.