Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8436
Title: Studi Perbandingan Flexible Pavement dengan Metode Bina Marga 2017 Dan AASHTO 1993 pada Jalan Lintas Selatan (JLS) Lot 6 Kabupaten Tulungagung.
Authors: Jannah, Risma Salsabilatal
Keywords: Perkerasan Jalan
Perkerasan Lentur
Issue Date: 31-Aug-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Ruas Jalan Lintas Selatan (JLS) yang terletak di Kabupaten Tulungagung dengan total panjang 11,6 km. Ruas jalan tersebut dibangun dengan tujuan untuk jalan alternatif dari jalan lintas utara (Pantura). Ruas Jalan Lintas Selatan direncanakan menggunakan perkerasan lentur. Pada penelitian ini dibahas mengenai dua metode perkerasan lentur untuk mendapatkan efisiensi dari kedua metode. Metode yang digunakan adalah Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) Bina Marga 2017 dan American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO) 1993. Perkerasan jalan direncanakan dengan umur rencana 20 tahun. Dari hasil perhitungan analisa Lalu lintas Harian Rencana (LHR), pada metode MDPJ Bina Marga 2017 didapatkan nilai CESA 6.520.000 ESAL. Sedangkan pada metode AASHTO 1993 didapatkan nilai CESA 2.614.013 ESAL. Dari perhitungan CESA, didapatkan nilai tebal perkerasan lentur jalan dari kedua metode. Pada metode MDPJ Bina Marga 2017 didapatkan hasil perkerasan lentur pada lapis permukaan menggunakan AC-WC tebal 4 cm dan AC-BC tebal 6 cm, lapis pondasi atas menggunakan AC-base tebal 10,5 cm, lapis pondasi bawah mengunakan LFA kelas A tebal 30 cm. Sehingga total tebal perkerasan pada metode MDPJ Bina Marga 2017 adalah 50,5 cm. Sedangkan pada metode AASHTO 1993, didapatkan hasil perkerasan lentur pada lapis permukaan menggunakan aspal beton tebal 15 cm, lapis pondasi atas menggunakan batu pecah kelas A tebal 15 cm, lapis pondasi bawah menggunakan sirtu kelas A tebal 15 cm. Sehingga total tebal perkerasan pada metode AASHTO 1993 adalah 45 cm. Sedangkan total anggaran biaya yang didapat berdasarkan metode MDPJ Bina Marga 2017 adalah sebesar Rp162.355.790.454,00, dan pada metode AASHTO 1993 adalah sebesar Rp56.847.092.811,00.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8436
Appears in Collections:UT - Civil Engineering



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.