Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8595
Title: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Menengah Kejuruan AL-Khusna Ponggok Blitar
Authors: Wardani, Sandra Kusuma Milda
Keywords: Karakter Siswa
Perencanaan Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam
Implementasi
Issue Date: 7-Jul-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Karakter merupakan watak atau sikap secara alamiah yang sudah ada ketika anak lahir didunia. Dan setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Maka dari itu Sekolah Menengah Kejuruan AL-Khusna meningkatkan karakter siswa melalui pembelajaran PAI. Dan fokus penelitian berupa: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan karakter siswa di SMK AL-Khusna Sidorejo ponggok blitar? (2) Bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan karakter siswa di SMK AL-Khusna Sidorejo Ponggok Blitar? (3) Bagaimana model pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan karakter siswa di SMK AL-Khusna Sidorejo Ponggok Blitar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapaun penelitiannya bersifat teoritis dan praktis yang dilakukan melalui pencarian data kepada subjek atau informan sehingga peneliti dapat menggambarkan keadaan dengan jelas mengenai Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan Karakter siswa di Sekolah Menengah AL-Khusna. Sumber data ini berupa data primer dan sekunder. Serta terknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketuhui bahwa Sekolah Menengah Kejuruan AL-Khusna memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Suksesnya pembelajaran tak luput dari perencanaan pembelajaran yang termuat didalam Kompetensi Inti, RPP, serta Silabus. Dan implementasi dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini berupa siswa membaca asmaul khusna sebelum pelajaran, membaca sholawat nabi, melaksanakan sholat dhuha dan dzuhur secara berjama’ah, mengaji al-qur’an. sehingga menjadikan siswa terbiasa bersikap disiplin dalam hal ibadah maupun pembelajaran dan sopan dan santun kepada guru. Dan dapat diketahui bahwa model pembelajaran Quantum sangat cocok untuk proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah AL-Khusna. Kata kunci: Karakter Siswa, Pendidikan Agama Islam, Perencanaan Pembelajaran, Implementasi.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8595
Appears in Collections:UT - Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.