View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Menengah Kejuruan AL-Khusna Ponggok Blitar

Thumbnail
View/Open
Publish (1.762Mb)
Fulltext (3.818Mb)
Date
2023-07-07
Author
Wardani, Sandra Kusuma Milda
Metadata
Show full item record
Abstract
Karakter merupakan watak atau sikap secara alamiah yang sudah ada ketika anak lahir didunia. Dan setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Maka dari itu Sekolah Menengah Kejuruan AL-Khusna meningkatkan karakter siswa melalui pembelajaran PAI. Dan fokus penelitian berupa: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan karakter siswa di SMK AL-Khusna Sidorejo ponggok blitar? (2) Bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan karakter siswa di SMK AL-Khusna Sidorejo Ponggok Blitar? (3) Bagaimana model pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan karakter siswa di SMK AL-Khusna Sidorejo Ponggok Blitar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapaun penelitiannya bersifat teoritis dan praktis yang dilakukan melalui pencarian data kepada subjek atau informan sehingga peneliti dapat menggambarkan keadaan dengan jelas mengenai Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan Karakter siswa di Sekolah Menengah AL-Khusna. Sumber data ini berupa data primer dan sekunder. Serta terknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketuhui bahwa Sekolah Menengah Kejuruan AL-Khusna memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Suksesnya pembelajaran tak luput dari perencanaan pembelajaran yang termuat didalam Kompetensi Inti, RPP, serta Silabus. Dan implementasi dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini berupa siswa membaca asmaul khusna sebelum pelajaran, membaca sholawat nabi, melaksanakan sholat dhuha dan dzuhur secara berjama’ah, mengaji al-qur’an. sehingga menjadikan siswa terbiasa bersikap disiplin dalam hal ibadah maupun pembelajaran dan sopan dan santun kepada guru. Dan dapat diketahui bahwa model pembelajaran Quantum sangat cocok untuk proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah AL-Khusna. Kata kunci: Karakter Siswa, Pendidikan Agama Islam, Perencanaan Pembelajaran, Implementasi.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8595
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group