Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8844
Title: Penggunan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III MINU Sumberpasir Pakis
Authors: Dewi, Eva Lusiyana
Keywords: Media Pembelajaran
Power Point Interaktif
Bahasa Indonesia
Issue Date: 19-Oct-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pembelajaran merupakan proses interaksi siswa dengan guru. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan oleh guru berupa ilmu yang diberikan kepada siswa. Pembelajaran juga berkaitan erat dengan kegiatan usaha yang sistematis dan terukur untuk terjadinya proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Belajar merupakan suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku pada diri peserta didik sehingga tercipta perubahan yang yang lebih baik, perubahan dari hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti penambahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, serta aspek-aspek lain pada individu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan media pembelajaran, mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran, mendeskripsikan hasil penggunaan media permbelajaran power point interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III MINU sumberpasir Pakis. Untuk mencapai tujuan diatas peneliti ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas peneliti yang dilakukan secara otomatis, metode wawancara, yaitu metode tanya jawab dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi, yaitu mencari data yang mengenai hal-hal berupa gambar. Dalam penelitian ini, perencanaan pembelajaran untuk mencapai suatu kopetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. Rencana pembelajaran ini memuat apa saja yang akan dilakukan oleh guru sebelum ia mengajar, dalam proses pembelajaran dengan rencana yang sitematis sehingga diharapkan dapat menjadikan proses pembelajaran yang efektif. Dan berdasarkan dari langkah-langkah penggunaan media pembelajaran power point interaktif ini pada dasarnya termasuk media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat diproyeksikan atau sering dikenal dengan LCD proyektor. Oleh karena itu, dalam penggunaan media pembelajaran piwer point interaktif ini memiliki beberapa langkah-langkah yang terjadi dari tahap awal, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Dari hasil penggunaan media pembelajaran power point interaktif ini adalah evaluasi yang merupakan subtansi sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam setiap sistem pendidikan, karena evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan atau kemajuan daru hasil pendidikan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Power Point Interaktif, Bahasa Indonesia  
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8844
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.