Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9145
Title: Studi Alternatif Perencanaan Jembatan Stuktur Baja Type Warren pada Jembatan Guyangan Kabupaten Trenggalek dengan Metode LRFD (Load And Resistance Faktor Design)
Authors: Haq, Agung Izzul
Keywords: Jembatan Rangka Baja
Warren Truss
LRFD
Issue Date: 8-Dec-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Jembatan merupakan wadah penghubung lalu lintas dari suatu daerah ke daerah lainnya. Jembatan memiliki peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Perencanaan kontruksi jembatan harus direncanakan dengan baik agar dapat berfungsi dengan optimal. Dalam merencanakan jembatan harus berdasarkan hasil survey dan penyelidikan mengenai kondisi teknis lapangan agar mendapatkan suatu informasi yang jelas dan akurat mengenai lokasi perencanaan jembatan tersebut. Jembatan yang direncanakan harus sesuai persyaratan umum atau pokok-pokok perencanaan agar memenuhi kriteria dalam merencanakan suatu jembatan. Pada pembangunan ini PUPR Kabupaten Trenggalek akan membangun jembatan baru sebagai wadah penghubung transportasi dari daerah ke daerah lain. Dengan adanya jembatan ini akan memberikan pengaruh besar terhadap desa-desa sekitarnya dan memperlancar arus tranportasi antara ketiga desa tersebut. Tujuan dalam kajian ini merencanakan ulang kontruksi jembatan dengan menggunakan struktur rangka baja tipe warren. Jembatan rangka baja tipe warren ini memiliki keunggulan yaitu mampu digunakan untuk struktur dengan bentang panjang juga desainnya yang cukup sederhana yang menjadikan tipe ini memiliki berat yang relatif ringan. Metode yang digunakan untuk analisis perhitungan ini menggunakan metode LRFD (Load Resistance Factor Design). Hasil perencanaan meliputi perhitungan pembebanan pada jembatan rangka baja, penulangan plat lantai kendaraan jembatan yang menggunakan tulangan rangkap D16-100 mm dan tulangan bagi Ø12 – 200 mm. Pada gelagar jembatan menggunakan baja WF, yang terdiri dari gelagar memanjang WF 350 x 175 x 7 x 11, gelagar melintang WF 700 x 300 x 13 x 24 dan gelagar induk WF 300 x 300 x 10 x 15. Sambungan baut menggunakan baut mutu tinggi A-325. Perletakan jembatan menggunakan bantalan Elastomer dengan dimensi panjang 600 mm dengan lebar 550 mm dan tinggi 163 mm. Hasil perhitungan abutment memiliki lebar bawah 310 cm dan tinggi 445 cm. Pada pondasi tiang pancang menggunakan diameter 40 cm dan panjang 17 m dengan jumlah 8 buah, untuk tulangan pondasi menggunakan tulangan pokok 10 D12, dan tulangan spiral D12 – 25 mm. Kata kunci: Jembatan Rangka Baja, Warren Truss, LRFD
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9145
Appears in Collections:UT - Civil Engineering



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.